Data Utama Madura Peristiwa Sumenep

Terombang-ambing di Laut, Kapal Berbendera Finlandia Terdampar di Sumenep

Tim SAR saat melakukan evakuasi

SUMENEP, beritadata.id – Sebuah kapal laut berbendera Negara Finlandia dengan nama kapal Yacht Canace mengalami mati mesin di perairan Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Akibatnya, kapal dengan dua penumpang itu terombang-ambing selama tiga hari di tengah laut, hingga terbawa arus ke perairan Utara Madura Kabupaten Sumenep, Minggu 29 Januari 2023.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, kapal tersebut dinakhodai oleh Hanna Maria Niemi dan Veikko Hautanen.

“Basarnas sempat melakukan upaya penyelamatan, namun gagal disebabkan cuaca kurang mendukung,” ujar Widiarti dalam rilisnya, Senin 30 Januari 2023.

Meski sempat gagal melakukan upaya penyelamatan, menurut dia Basarnas tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya setiap dua jam sekali.

“Selama mati mesin titik koordinat kapal terus melaju ke wilayah perairan Pulau Madura. Basarnas Sumenep langsung melakukan pemetaan dan meminta bantuan kepada sejumlah nelayan untuk memonitor kapal tersebut,” urainya.

Hingga akhirnya, timsar berhasil menemukan kapal itu, selanjutnya dilakukan towing menuju Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Dalam perjalanannya kapal berbendera Finlandia itu digiring KRI Sultan Iskandar Muda, dilakukan pengawalan hingga selamat.

“Hari Senin tanggal 30 Januari 2023 pukul 01.25 WIB Kapal Yacht Canace beserta awak kapal sudah bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep dalam keadaan aman dan dua awak juga dalam kondisi sehat,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment