Data Utama Madura Peristiwa Sumenep

Terima Audiensi Pemuda Kepulauan, Komisi III DPRD Sumenep Komitmen Atasi Persoalan Lingkungan

SUMENEP, beritadata.id – Komisi III DPRD Sumenep menerima Audiensi puluhan pemuda dari Kepulauan Kangean terkait persoalan lingkungan. Rabu 08 Mei 2024

Ketua Komisi III DPRD Sumenep Dul Siam mengatakan, ada tiga aspirasi yang disampaikan para pemuda Kangean tersebut. Diantaranya soal maraknya penambangan pasir liar, penebangan pohon polay, dan tata kelola persampahan.

“Kami akan menindaklanjuti aspirasi mereka, kamu juga berkomitmen untuk mengatasi persoalan lingkungan,” tegasnya.

Politisi PKB itu menerangkan, usai menerima aspirasi dari para pemuda kepulauan tersebut, pihaknya melakukan pemanggilan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Kami juga sudah menyampaikan kepada dinas terkait terkait agar tiga aspirasi para pemuda ini segera ditindaklanjuti,” terang Dul Siam.

Ia menegaskan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terkait masalah penambangan pasir dan penebangan pohon Polay. Pasalnya, perizinan penambangan bukan ada dalam ranah pemerintah daerah.

“Soal pohon Polay nanti akan kami tanyakan apakah ada regulasi yang melindungi keberadaan pohon tersebut, kalau masalah sampah, kami sudah meminta DLH agar mengoperasikan TPS terpadu yang ada di Kangean,” pungkas Dul Siam. (Zn)

Leave a Comment