Data Utama Jatim Madura Pemerintahan Sumenep

Terima Anugerah dari IIPG, Pemkab Sumenep Dapat Penilaian Memuaskan

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menerima anugerah Pandu Negeri 2024 Kategori Gold dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) dengan penilaian memuaskan.

Anugerah Pandu Negeri 2024 tersebut diserahkan di Jakarta oleh ketua dewan pembina IIPG Boediono, mantan wakil Presiden RI ke-9 pada Kamis 5 September 2024

Ia menjelaskan, anugerah yang diterima oleh masing-masing penerima merupakan bukti dari proses dan perjuangannya dalam melakukan governasi atau menjalankan tata kelola pemerintahan di daerah. 

Hal itu bertujuan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada seluruh pemangku kepentingan agar melakukan yang terbaik untuk Negeri.

“Saya yakin ini akan terus berjalan karena pekerjaan (governansi pemerintahan) tidak akan pernah selesai 1-2 tahun. Ini adalah perjalanan panjang,” jelasnya.

Direktur Pelaksana IIPG Irham Dilmy mengungkapkan anugerah tersebut diserahkan berdasarkan dua kriteria, yaitu kinerja dan governansi dengan masing-masing bobot penilaian adalah 60:40.

Dari sisi Governasi, IIPG menilai dari perolehan opini wajar tanpa pengecualian, indeks reformasi birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Kemudian, dilihat berdasarkan laju produk domestik regional bruto PDRB, rasio pendapatan asli daerah (PAD) terhadap APBD, nilai indeks pembangunan manusia (IPM). Termasuk inovasi daerah dari hasil penilaian ketelitian bidang layanan publik Kementerian PANRB Republik Indonesia. 

Sementara itu, Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengaku bersyukur atas anugerah itu. Menurutnya, hal itu berkat kekompakan dan kerjasama yang baik dalam Pemerintah Kabupaten Sumenep. 

“Tentu ini akan menjadi motivasi untuk menata pemerintahan lebih baik. Dan penghargaan ini saya persembahkan untuk masyarakat Sumenep,” pungkasnya. (*/zn)

Leave a Comment