Data Utama Madura Politik Sumenep

Tekankan Integritas dan Soliditas Awasi Pilkada, Bawaslu Sumenep Resmi Lantik 81 Panwascam

SUMENEP, beritadata.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep resmi melantik 81 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada serentak 2024. Pelantikan berlasung di Ballroom Hotel Kaberaz. Jl. Siwalan, Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep. Sabtu 25 Mei 2024.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Sumenep Moh. Rusydi Zain mengatakan, 81 Panwascam yang sudah diambil sumpahnya itu diharap dapat bekerja secara profesional, serta harus berintegritas dalam melakukan tugas.

“Pesan dari pak ketua tadi, panwascam terlantik harus sudah siap mengemban tugasnya, bisa melaksakan kewenangan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan,” tagasnya.

Sebagai pengawas, lanjut Rusydi, integritas dan soliditas menjadi hal yang sangat penting. Para Panwascam terlantik harus mampu bekerja semaksimal mungkin sampai batasan Pilkada Kabupaten Sumenep selesai. Selain itu juga diharapkan dapat memperbaiki kwalitas pengawasan selama Pilkada serentak 2024 berlangsung.

“Pimpinan di Kecamatan, atau kepanjangan tangan Bawaslu di kecamatan harus memperbaiki tatanan jajaran yang ada di sekretariat, dan juga memperbaiki personil yang ada di desa,” sambungnya

Yang paling penting kata dia, soliditas antara pengawas di tingkat desa dengan jajaran di atasnya, yakni Panwaslu Kecamatan hingga ke Kabupaten. 

“Sesuai jadwal tahapan yang ditetapkan KPU RI, hari “H” Pilkada Serentak 2024 akan berlangsung pada 27 November tahun ini,” ungkapnya

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi berharap, apa yang disampaikan oleh pimpinan Bawaslu dapat menjadi bekal dan motivasi bagi para Panwascam, sehingga Pilkada serentak ini terselenggara dengan lancar dan sukses.

“Semoga mereka betul-betul melaksnakan tugasnya sesuai dengan yang dimotivasi dan diingatkan oleh Bawaslu, berjalan sesuai koridor, tidak terjadi hal-hal di luar ketentuan, lancar dan kondusif seperti Pemilu kemarin,” tutup Indra. (Zn)

Leave a Comment