Data Utama Kesehatan Madura Pemerintahan Sampang

Tekan Penyebaran Covid-19, Dinkes Sosialisasi Disiplin Prokes

SAMPANG, beritadata.id – Penyebaran virus Covid 19 yang hingga kini masih sangat memperihatinkan tetap menjadi perhatian pemerintah. Khususnya Pemkab Sampang dalam mendisiplinkan masyarakat. Dengan harapan gerakan sosialisasi disiplin prokes dapat berdampak positif bagi masyarakat. Sehingga dengan disiplin prokes ini, penyebaran Covid 19 lebih bisa ditekan. Rabu (9/12).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi menyampaikan pihaknya ikut turun tangan untuk sosialisasi langsung ke masyarakat. “Semua wilayah di Sampang sudah kami sasar untuk sosialisasi kedisiplinan protokol kesehatan,” katanya melalui sambungan telepon, Rabu (9/12/2020).

Pihaknya mengatakan sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum menunjukkan puncaknya. Hal ini terlihat dari laporan harian soal kasus positif baru yang masih terus bertambah. Sehingga Dinkes perlu mengeluarkan SE 188.45/REK/IX/2020 yang berlandaskan pada Perbup No 53 tahun 2020 tentang disiplin dan penegakan hukum prokes sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Meski saat ini sudah ada kelonggaran dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pihaknya menyebut potensi penularan dan penyebaran masih tetap ada. Sehingga Protokol kesehatan dasar pun masih jadi keharusan. “Perlu ada partisipasi aktif dari masyarakat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini,” ujarnya.

Selain sosialisasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang juga gencar melakukan Operasi Yustisi. Dijelaskan pula sosialisasi dan edukasi penerapan disiplin prokes ini merupakan salah satu upaya memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. “Pada intinya kami ingin masyarakat yang saat ini sudah disiplin, agar lebih meningkatkan lagi disiplinnya, sehingga pencegahan penyebaran covid-19 dapat dioptimalkan, dan kita bersama tetap bisa produktif di masa pandemi covid-19,” paparnya kembali.

Dikatakannya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga masyarakat terbiasa menerapkan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak. “Mari terapkan dari diri sendiri, untuk melindungi diri, keluarga dan sesama. Mari Bersama-sama mendukung percepatan penanganan covid-19. Menggunakan masker bukan menghindari denda, tapi melindungi diri dan sesama,” tegasnya. (ful)

Leave a Comment