Data Utama Madura Pemerintahan Sampang

Tahunan, DPRD Gelar Paripurna Pidato Kenegaraan HUT RI

SAMPANG, beritadata.id – Senin, 16 Agustus 2022 digelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Republik Indonesia.

Momen ini digelar dalam sidang tahunan MPR RI, dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2022. Rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Sampang tersebut dipimpin Ketua DPRD Sampang Fadol dan dihadiri unsur Forkopimda Sampang.

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan, setiap tahun menjelang peringatan hari proklamasi kemerdekaan dan jadi kebiasaan politik presiden menyampaikan pidato kenegaraan.

Dalam hal ini, pihaknya meyakini semangat perjuangan dapat membuat Indonesia bertahan dalam badai pandemi ini. Untuk itu, masyarakat dihimbau tetap menerapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19.

“Kita semua merasakan dampaknya, terutama di bidang ekonomi masyarakat. Pandemi ini juga memaksa kita untuk beradaptasi dengan cara-cara baru dalam penanggulangan Covid-19. Berimbas pula di bidang pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh yang bisa mempengaruhi pembangunan karakter anak,” katanya, dalam salah satu poin sambutannya.

Dikatakannya pula, upaya vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19 perlu didukung semua pihak. Termasuk, upaya menggalakkan vaksinasi ideologi untuk mempertahankan ideologi Pancasila. “Hal itu mampu mencegah rusaknya ideologi bangsa di tengah pandemi ini,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya mengaku sangat mendukung upaya keras pemerintah selama ini dalam penanganan Covid-19. “Pandemi ini seperti kawah candradimuka yang merupakan tantangan sekaligus mengasah dan menguji kebersamaan kita. Itulah proses untuk bangsa yang tahan banting dan kokoh dalam setiap pertandingan,” ucapnya kembali.

Ia mengatakan kemerdekaan ini merupakan perjuangan keras bangsa, termasuk setiap resesi yang telah mampu dijalani bangsa setelah kemerdekaan. Adaptasi terhadap kebiasaan baru saat ini telah merubah cara-cara kehidupan bangsa untuk semakin kreatif dan inovatif menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Kapasitas lembaga negara menjadi responsif dan konsolidatif selama pandemi. Birokrasi pusat hingga desa bergerak terpadu dalam penanganan Covid-19. Saya meyakini, dengan sikap responsif itu, akan memperkokoh ketahanan bangsa,” katanya.

Ditegaskannya, upaya pembangunan infrastruktur terus dilanjutkan untuk menyatukan bangsa sekaligus mempermudah akses perekonomian. Diakuinya pula, pandemi telah menghambat pertumbuhan ekonomi tapi pemerintah tetap fokus pada perekonomian masyarakat dan investasi. (ful)

Leave a Comment