Data Utama Madura Sumenep

Sukses Kelola Kebersihan Lingkungan, Sumenep Kembali Raih Penghargaan Adipura 2022

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah didampingi Kepala DLH Arif Susanto beserta rombongan usai menerima Sertifikat Adipura 2022 di Jakarta

SUMENEP, beritadata.id – Kabupaten Sumenep kembali meraih penghargaan tingkat Nasional berupa sertifikat Adipura 2022 setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi dari Kementerian lingkungan hidup & kehutanan (KLHK).

Penghargaaan Adipura yang diraih ini untuk kategori Kota Kecil atas suksesnya kinerja Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau Wilayah Kota tahun 2022.

Sertifikat Adipura 2022 itu diterima Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah dari Menteri LHK Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep Arif Susanto selaku pimpinan dinas terkait ikut mendampingi Wabup Nyai Eva saan menerima penghargaan.

Ia bersyukur Kabupaten Sumenep menerima Sertifikat Adipura dan berharap penghargaaan itu bisa menjadi pendorong semangat untuk tetap meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.

“Salah satunya melalui pengurangan sampah dan mengolahnya jadi kompos, briket dan lainnya, dengan melibatkan elemen masyarakat serta OPD lainnya,” kata Arif Susanto saat dihubungi melalui saluran telepon, Rabu, 01 Maret 2023.

Arif Susanto menegaskan, upaya memaksimalkan penanganan lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 76 Tahun 2019 membutuhkan partisipasi masyarakat hingga pelosok desa.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat Sumenep ikut berpartisipasi dalam merawat lingkungan, minimal dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan.

“Yang jelas, kami bergotong royong untuk bekerja keras dalam menangani sampah, seperti di pasar, taman kota dan pusat keramaian lainnya,” ujar Arif Susanto.

“Menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan targetnya bukan meraih Adipura, yang terpenting adalah menanamkan kesadaran supaya berpola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (*/Zn)

Leave a Comment