Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Sempat Ragu Berobat Pakai UHC di RSUD Sumenep, Pasien Asal Gapura Ini Akhirnya Sumringah

Para keluarga pasien di RSUD Sumenep menunggu antrian

SUMENEP, beritadata.id – Perjalanan panjang program layanan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep akhirnya membuahkan hasil memuaskan.

Tak terhitung masyarakat di Kabupaten Sumenep yang sudah terbantu dan merasakan manfaat dari program tersebut. Ilmi misalnya, wanita berusia 30 tahun asal Desa Longos, Dusun Bintaro Kecamatan Gapura yang mengaku sangat puas atas layanan UHC.

Ibu dua anak itu mengatakan, sebelum membawa anaknya berobat ke rumah sakit untuk memeriksakan penyakit gatal yang didiagnosa sebagai Scabies, ia sempat membaca sejumlah testimoni dan kabar simpang siur soal layanan UHC.

Alhasil, saat menggunakan program tersebut pihaknya tidak terlalu menaruh banyak harapan akan mendapat layanan memuaskan.

“Pada awalnya saya ragu, mengira tidak akan mendapat fasilitas layanan yang baik, ditambah saya mendengar kabar yang namanya berobat gratis itu pasti mendapat layanan buruk,” katanya, Senin, 15 Mei 2023.

Namun setelah ia mencobanya sendiri, Ilmi pun merasa takjub atas segala kemudahan yang ditawarkan, apa yang dikatakan orang dan yang ada dipikirannya selama ini ternyata sangat bertolak belakang.

“Sebelum berangkat, suami saya sempat tanya-tanya ke temannya yang sering mendampingi pasien berobat, suami saya disarankan menggunakan UHC, alhamdulillah ternyata layanan ini mudah, tidak ribet, juga gratis beneran, saya puas,” tuturnya sumringah.

Ilmi mengaku, UHC sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan gratis, khususnya bagi yang kurang mampu, Baik di Puskesmas maupun di RSUD Sumenep.

“Pelayanannya sama kok, tidak dibeda-bedakan, bisa berobat sekaligus berkonsultasi dengan dokter spesialis yang saya inginkan di Poli Terpadu, saya sudah membuktikannya sendiri,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment