Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Sekolah Bumdes Bangkalan Dimulai, Ra Latif Perintahkan 5 Praktisi Jadi Pengarah

BANGKALAN, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan membentuk Sekolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Proses pembelajaran Sekolah BUMDes sudah dimulai sejak hari ini Kamis (16/9/2021).

Tujuan dibentuknya sekolah ini adalah untuk memaksimalkan kinerja BUMDes agar menjadi wadah aktifitas ekonomi desa yang berbadan hukum dan dapat meningkatkan pendapatan desa. Sekolah BUMDes ini sifatnya adalah pendampingan kepada BUMDes yang dilakukan secara bertahap.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menunjuk 5 orang praktisi sebagai pengarah Sekolah BUMDes. 5 orang itu diantaranya adalah Mohamad Iksan (Bidang organisasi, kelayakan usaha dan ekonomi kerakyatan), Dr.Bambang Haryadi.,MSi.,AK., CFrA (Managemen pemerintahan, kajian kelayakan dan tata kelola anggaran), M. Latif S.Kom., M.T (Informatika teknologi, digital marketing dan teknologi tepat guna), Dr. Akhmad Farid.,SPi.,MT (Teknologi Pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan) dan Muhammad Sahri.,SH.,MH
(Regulasi,hukum dan perundang undangan).

Dr. Akhmad Farid.,SPi.,MT mengatakan semua BUMDes di Kabupaten Bangkalan akan dibantu secara gratis untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Bantuan tersebut berupa bimbingan dan pembelajaran di Sekolah BUMDes.

“Khususnya tentang pengembangan potensi sumber daya alam desa agar kemudian bisa dikelola menjadi suatu yang menghasilkan dan menguntungkan bagi desa khususnya untuk bisa menambah lapangan kerja di desa,” ujarnya.

Sementara itu Mohamad Iksan yang didaulat menjadi pengarah bidang organisasi, kelayakan usaha dan ekonomi kerakyatan menyampaikan bahwa terbentuknya wadah yang kemudian diberi nama Sekolah BUMDes ini adalah wujud dari sejumlah pemikiran tentang pengembangan ekonomi kerakyatan yang diinginkan oleh Bupati Bangkalan.

“Pilihan kebijakan beliau salah satunya dimulai dari sekolah BUMDes Kabupaten Bangkalan ini,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa para pengarah Sekolah BUMDes adalah anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangkalan dan praktisi hukum. “Doa dan dukungannya ya semoga kita bisa maksimal dan bermanfaat kepada desa juga kepada masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment