Data Utama Hukum & Kriminal Madura Sampang

Satlantas Hancurkan Puluhan Knalpot Brong

SAMPANG, beritadata.id – Satlantas Polres sampang memusnahkan puluhan knalpot yang bersuara bising (brong) di halaman depan Mapolres sampang, Jawa timur, Rabu (5/8/2020). Barang bukti operasi kendaraan bermotor tidak standar itu dipotong-potong agar tidak dimanfaatkan lagi.

Kasatlantas Polres sampang, AKP Ayip Rizal mengatakan knalpot brong yang dimusnahkan merupakan hasil razia yang dilakukan mulai 23 juli sampai 5 agustus 2020. Polisi mengangkut sepeda motor berknalpot brong dari lokasi razia yang dipusatkan diberbagai tempat dikawasan kota Sampang.

“Kebanyakan pelanggarnya anak muda. Mereka naik motor berknalpot bising. Kami fokus pada penindakannya. Meski surat-suratnya lengkap jika menggunakan knalpot brong, tetap ditindak. Bahkan sampai terjadi 3 kali perkelahian gara-gara knalpot brong ini. Di monumen, di taman bunga dan di daerah duwe’ pote,” katanya kepada wartawan usai pemusnahan barang bukti.

Dijelaskan, razia berlangsung setiap hari. Namun, sasaran paling banyak muncul di akhir pekan. Pengendara sepeda motor berknalpot bising yang digunakan langsung dilakukan penindakan tilang. Pihaknya mengatakan, tak menutup kemungkinan razia dilebarkan ke lokasi lain di wilayah kota. “Sepeda motor yang telah disita boleh diambil sepeda motornya. Itu pun dengan ketentuan knalpot dikembalikan dulu ke spesifikasi standar,” jelasnya.

Selain itu, mengatakan razia di jalan raya dengan sasaran pelanggaran lalin bakal terus dilakukan. Di tatanan new normal pandemi Covid-19 tidak boleh diartikan penertiban lalu lintas kendor. “Orangtua harus mengingatkan. Pakai knalpot brong bukan hal membanggakan. Apalagi, tidak murah memodifikasinya. Eman-eman biayanya,” pungkasnya. (ful)

Leave a Comment