Data Utama Keagamaan Madura Sumenep

Sambut MTQ Jatim, Pemkab Sumenep Gelar Seleksi

Suasana seleksi di Kecamatan Gapura

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep lakukan seleksi sambut Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Jawa Timur bakal digelar pada bulan Agustus mendatang di Kabupaten Pasuran 2023.

Melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab setempat menyiapkan kafilah yang bakal mengikuti MTQ Jatim tersebut.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Sumenep Kamiluddin menerangkan, seleksi MTQ tingkat kabupaten akan dilakukan di 6 titik atau zona.

“Langkah pertama, Bagian Kesra Setdakab Sumenep melakukan seleksi MTQ tingkat kabupaten,” terangnya.

Zona pertama, sebut Kabag Kamil, bertempat di Pondok Pesantren Zainul Ibad Prenduan. Zona ini meliputi Kecamatan Bluto, Saronggi, Pragaan, dan Giligenting, Senin 28 November 2022.

Zona dua, seleksi dilaksanakan di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk. Meliputi Kecamatan Guluk-Guluk, Ganding, dan Lenteng pada Selasa, 29 November 2022.

Zona tiga, dilakukan di Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Pandian. Zona ini untuk Kecamatan Kota, Batuan, Kalianget, dan Talango pada Rabu, 30 November.

Zona empat, seleksi MTQ diselenggarakan di Pondok Pesantren Nurul Islam Dasuk Laok. Seleksi meliputi Kecamatan Pasongsongan, Ambunten, Rubaru, Dasuk, dan Manding pada Kamis, 1 Desember 2022.

Zona lima, seleksi ditempatkan di Kantor MWC NU Gapura. Di zona ini meliputi Kecamatan Batu Putih, Gapura, Batang-Batang, Dungkek, dan kepulauan pada Jumat, 2 Desember 2022.

“Seleksi itu akan diikuti total sebanyak 341 orang dari 22 cabang MTQ,” ujar Kamil, Minggu, 27 November 2022.

Pihaknya berharap, seleksi ini berjalan sesuai harapan dan menghasilkan bibit unggul.

“Semoga mengharumkan nama Sumenep saat mengikuti lomba dengan mendulang prestasi,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment