Data Utama Kesehatan Madura Sumenep Technology

RSUD Sumenep Datangkan Alat Canggih Deteksi Kanker Payudara, Ini Harapan Dewan 

SUMENEP, beritadata.id – RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus mendatangkan alat teknologi berkualitas dalam meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

Terbaru, Rumah Sakit Daerah yang terletak di Jl Dr. Cipto, Kolor kecamatan Kota Sumenep itu kini menghadirkan peralatan medis yang bernama mammografi.

Memmografi sendiri merupakan salah satu peralatan medis yang digunakan untuk mendeteksi jika ada kelainan pada Payudara.

Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad menyampaikan bahwa Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X.

“Pemeriksaan medis melalui alat mammografi digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada pasyudara pasien terjadi kelainan atau tidak,” jelas Dokter Azis

Sehingga menurutnya, dengan pemeriksaan melalui mammografi, bisa segera diketahui apakah pada payudara pasien ada tumor, kanker, kista, penumpukkan kalsium, atau kelainan lainyya pada jaringan payudara. 

“Apabila ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang kita miliki, maka diagnosis akan semakin akurat,” lanjutnya.

Karenanya, dokter Azis menghimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri ke Rumah Saki apabila dirasakan ada kelainan pada payudaranya.

“Makin dini pemeriksaan maka makin mudah pengobatan, juga angka kesuksesan terapi akan makin besar. Sebaliknya bila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” pungkas dokter yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep itu beberapa waktu lalu.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi berharap, rumah sakit daerah ini tidak hanya dapat terus mendatangkan alat-alat canggih untuk mendukung peningkatan kwalitas pelayanan. Melainkan juga bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat dari segi SDM.

 “Jadi peningkatannya itu harus  berbarengan, selai harus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan zaman, terutama yang berkaitan dengan alat medis, penting juga memberikan kepuasan kepada masyarakat,” ujar Indra saat dihubungi melalui saluran telepon. (*)

Leave a Comment