Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

RSUD Sumenep Bakal Buka Poli Nyeri, Arman Endika Putra: Insyaallah Tahun Ini

Kasi Humas RSUD Sumenep Sumenep Arman Endika Putra

SUMENEP, beritadata.id – Kabar gembira kembali datang dari RSUD dr. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep, bagaimana tidak, salah satu pelayanan baru akan segera dibuka untuk masyarakat Sumenep di tahun 2023 ini, yaitu Poli Terapi Nyeri (Pain).

Demikian disampaikan Direktur RSUD Sumenep dr. Erliyati, M.Kes melalui Kasi Humas RSUD Arman Endika Putra. Selasa 16 Mei 2023.

“Insyaallah tahun ini sudah dibuka, peralatannya sudah dibeli, Radio Frekuensi namanya,” kata Arman Endika Putra saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, Radio Frekuensi merupakan alat yang digunakan untuk melakukan maintenance nyeri. Sehingga terapi nyeri ini juga dikenal dengan terapi Radio Frekuensi atau disingkag RF.

Yang mana, secara definitif RF ini adalah prosedur untuk mengurangi nyeri pada berbagai area tubuh, baik nyeri tulang belakang, sendi lutut, sendi bahu, dan berbagai lokasi lain dengan cara menggunakan gelombang radio.

“Jadi kalau ada nyeri yang tidak bisa ditoleran oleh seseorang, maka dia perlu di-maintenance nyerinya. Tindakan ini dapat mengurangi rasa sakit secara efektif untuk jangka waktu 6-9 bulan,” jelasnya.

Arman menambahkan, tak hanya peralatan Radio Frekuensi, RSUD Sumenep juga sudah menyiapkan alat pendukung lain untuk pembukaan pelayanan Poli Nyeri tersebut.

Salah satunya yakni alat Radiodiagnostik untuk melihat posisi syaraf, otot dan tulang dari pasien. Sebuah alat pendukung yang nantinya akan dikombinasi dengan alat Radio Frekuensi untuk menembak syaraf nyeri

“Adapun dokter yang menangani pelayanan terapi nyeri yaitu spesialis Anestesi, layanan ini masuk Poli Pain. Poli nyeri. Nanti penanganannya bisa dengan rawat inap,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment