Data Utama Kesehatan Madura Pemerintahan Sumenep

Resmikan Puskesmas Pembantu di Kecamatan Sapeken, Ini Harapan Bupati Sumenep bagi Tenaga Medis

Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat memotong pita peresapan Puskesmas di Kecamatan Sapeken

SUMENEP, beritadata.id – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kepulauan terus dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan membangun sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Kecamatan Sapeken.

Dimana, tahun ini, melalui Dinas Kesehatan, Pemkab membangun gedung Puskesmas pembantu baru di pulau Pangerungan Besar Kecamatan Sapeken.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, pembangunan Puskesmas tersebut sejatinya untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kepulauan, demi memiliki bangunan layanan kesehatan yang representatif.

Oleh karena itu, dirinya menekankan, para tenaga medis yang bertugas di Puskesmas yang baru diresmikan itu harus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat, sehingga masyarakat yang membutuhkan merasa nyaman.

“Para tenaga medis hendaknya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal supaya masyarakat yang berobat merasakan manfaat bangunan baru yang dibarengi dengan pelayanannya,” ujarnya, Rabu (29/12/21).

Bupati berharap, gedung Puskesmas ini untuk dijaga bersama-sama supaya tidak cepat rusak, karena keberadaannya milik bersama.

“Yang jelas, Puskesmas pembantu untuk pelayanan kesehatan, jadi masyarakat juga harus menjaga dan merawatnya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono mengungkapkan, pihaknya merencanakan Puskesmas pembantu Pangerungan Besar menjadi Puskesmas induk, untuk melayani masyarakat di desa lainnya di Kecamatan Sapeken.

“Puskesmas pembantu Pangerungan Besar secara bertahap ditingkatkan sebagai Puskesmas induk untuk melayani masyarakat di desa lain seperti Pulau Sakala, Pangerungan Kecil dan Sepanjang serta pulau terdekat lainnya dengan Puskesmas itu,” urainya.

Diketahui, pembangunan gedung Puskesmas pembantu Pangerungan Besar Kecamatan Sapeken tersebut dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp4,3 milliar. (Zn)

Leave a Comment