Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Resmikan Dua Pelabuhan di Sumenep, Gubernur Jatim: Semoga Berefek Positif

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Sumenep saat meresmikan pelabuhan

SUMENEP, beritadata.id – Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan dua pelabuhan di Kabupaten Sumenep. Dua pelabuhan itu yakni Pelabuhan Kecamatan Dungkek dan Pulau Gili Iyang.

Peresmian dua pelabuhan ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat, khususnya Kabupaten Sumenep.

Terlebih lagi, di Kecamatan Dungkek terdapat destinasi wisata ikonik, yaitu Pulau Oksigen Gili Iyang. Sehingga keberadaan pelabuhan tersebut dapat menunjang peningkatkan layanan transportasi laut dan berefek positif pada kunjungan wisata.

“Kami membangun dua dermaga itu sebagai upaya pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut,” kata Gubernur usai peresmian. Selasa 04 Juli 2023.

Selain itu, pelabuhan Dungkek juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar pulau, khususnya aksesbilitas ke pulau-pulau kecil di Sumenep.

“Semoga keberadaannya dapat benar-benar berefek positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi mengungkapkan, anggaran pembangunan dua dermaga itu berasal dari dana bantuan keuangan (BK) Pemprov Jatim.

Yakni sebesar Rp 60 miliar, perinciannya revitalisasi pembangunan Pelabuhan Dungkek Rp 41.650.000.000,- dan pembangunan Pelabuhan Gili Iyang Rp 17.795.000.000,-.

“Harapan kami pelabuhan ini menjadi terminal penghubung antar daerah ke daerah lain dan memperlancar arus perdagangan untuk memajukan perekonomian daerah,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment