Data Utama Madura Politik Sumenep

Resmi Dilantik, Panwascam Batang-Batang Minta PKD Jaga Integritas

PKD Kecamatan Batang-Batang

SUMENEP, beritadata.id – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Batang-Batang Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi melantik 16 anggota Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD).

Prosesi pelantikan berlangsung di gedung aula SMP Nurul Jadid  Kecamatan setempat, Jl Raya Batuputih No.30, Seddung, Batang-Batang Daya, Minggu 5 Februari 2023.

Hadir dalam acara pelantikan, jajaran Forkopimka Batang-Batang, Camat, Danramil, Kapolsek, termasuk PPK sebagai salah satu mitra kerja. terlihat pula sejumlah perwakilan kepala Desa se Kecamatan setempat.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Batang-batang Zawawi mengatakan, tugas Panwaslu desa mengawal demokrasi.  “Tugas utama PD mengawal setiap tahapan pelaksanaan pemilu  2024 secara cermat, demokratis dan berkualitas,” katanya.

Menurut dia, PKD harus  punya kepekaan dan kemampuan mencegah dan mengawasi pelanggaran pemilu. Sehingga kehadiran panwas menjadi penegak keadilan bagi pihak yang berkepentingan

Aktivis Lakpesdam NU yang juga ketua PerguNU itu mengingatkan, sumpah dan janji yang telah diucapkan dalam prosesi pelantikan mengandung makna yang sangat mendalam baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun pertanggungjawabannya kepada Allah.

“Laksanakan tugas dan kewajiban  dengan benar pertanggung jawabannya nanti kepada Allah” pesannya.

Sementara itu komisioner Bawaslu Sumenep Moh. Darwis menegaskan, pengawas kelurahan desa harus menjaga soliditas integritas dan  komitmen penuh waktunya.

“Perlu diingat, peran saudara sangat urgen sebagai unjung tombak pengawasan di tingkat kelurahan/desa,” tegas pria yang juga kelahiran Batang Batang itu.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota komisioner Panwascam yang lain, perempuan yang akrab disapa Cici  dan Sanah itu berharap PKD yang baru dilantik konsisten kerja penuh waktu.

Berikut nama-nama Panwaslu Kelurahan Desa di wilayah Kecamatan Batang-Batang yang resmi dilantik.

1. Susiani (P) Banuaju Barat
2. Khairunnisak (P) Banuaju Timur
3. Alisyah Early Fajrin (P) Batang-Batang Daya
4. Idris (L) Batang-Batang Laok
5. Tolak Iin (P) Bilangan
6. Ernawi (L) Dapenda
7. Hariri (L) Jangkong
8. Sattari (L) Jenangger
9.  Fathor (L) Kolpo
10. Fathor Rosiki (L) Legung Timur
11. Hj Sundari (P) Legung Barat
12. Zainuri (L) Lombang
13. Ahmad Fauzi (L) Nyabakan Barat
14. Puyono (L) Nyabakan Timur
15. Sutari (L) Tamidung
16. Tolak Soleha (P) Totosan. (Zn)

Leave a Comment