Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Sumenep Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden

Bersahaja: Anggota DPRD Sumenep saat mendengarkan pidato kenegaraan (Istimewa)

SUMENEP, beritadata.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, Rabu 16 Agustus 2023.

Kegitan rapat berlangsung melalui zoom meeting di ruang rapat paripurna gedung DPRD setempat. Hadir dalam kegiatan rapat paripurna Ketua DPRD Abdul Hamid Ali Munir, para Wakil Ketua DPRD dan anggota. Pihak eksekutif Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo bersama jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edy Rasyadi dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rapat paripurna ini merupakan Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia tersebut dilakukan secara serentak. Kegiatan diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPD RI La Nyala M Mattaliti.

Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan pandemi ini telah menguji semua pilar. Katabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan dan kepandaian diuji. Hal ini menyebabkan kapasitas sektor kesehatan meningkat dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi.

“Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,” kata Presiden.

Selain membahas krisis global, presiden juga menyentil soal penanganan kasus korupsi, kelanjutan pembangunan mega proyek IKN, hingga sektor ekonomi, serta harapan-harapan  kemajuan Indonesia di masa depan.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Abdul Hamid Ali Munir  menyampaikan, semarak Agustusan menjadi semngat tersendiri bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air dalam mengenang dan merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi NKRI.

Pihaknya berharap, momentum perayaan kemerdekaan ini tidak hanya dirayakan sebatas seremonial belakan, melainkan dapat semakin membangkitkan semangat Nasionalisme dan semangat persatuan, terlebih lagi menjelang tahun politik pesta demokrasi pemelihan umum.

“Mari bersama-sama saling menguatkan diri dan membangun negeri yang kita cintai jni ke arah yang lebih baik sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri bangsa,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment