Data Utama Madura Pemerintahan Sampang

Rapat Paripurna, DPRD Sampang Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

DPRD Sampang saat mendengarkan pidato kenegaraan di ruang rapat paripurna

SAMPANG, beritadata.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, rabu (16/8/2023) pagi.

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Ketua DPRD Fadol, para Wakil Ketua DPRD dan perwakilan anggota DPRD Kabupaten Sampang. Sedangkan dari pihak eksekutif hadir Bupati Sampang Slamet Junaidi bersama jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliandi Setiawan dan sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini dilakukan secara serentak. Kegiatan ini diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPD RI La Nyala M Mattaliti.

Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan pandemi ini telah menguji semua pilar. Katabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan dan kepandaian diuji. Hal ini menyebabkan kapasitas sektor kesehatan meningkat dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi. “Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,” kata Presiden.

Selain itu, sejumlah isu dibahas mulai dari krisis global, kasus korupsi, pembangunan IKN, hingga sektor ekonomi. Presiden juga  berbicara mengenai krisis yang melanda dunia. Jokowi mengatakan dunia menghadapi krisis multidimensi. Presiden Jokowi bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu mengatasi krisis global. Selain itu, Indonesia mampu mengendalikan COVID-19.

Jokowi menambahkan bahwa pemerintah mendorong investasi dan ekspor serta mendorong penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia dengan mempermudah pengurusan perijinan dan keringanan pajak.

“Akselerasi ekonomi berbasis ekonomi hijau, pengembangan energi terbarukan, sinkronisasi pendidikan dengan bidang produksi harus kita kejar untuk membangun perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan ekonomi digital khususnya untuk UMKM yang saat ini bertambah dengan pesat,” pungkasnya.

Dalam pengantarnya Ketua DPRD Kabupaten Sampang Fadol menyampaikan, sebagaimana diketahui setiap Agustus Pemerintah Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air akan mengenang dan merayakan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Disampaikan, bahwa Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan dua pidato. Pidato pertama disampaikan dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2023. “Pidato kedua dalam rangka penyampaian keterangan Pemerintah atas RUU APBN tahun anggaran 2024,” tuturnya. (ful)

Leave a Comment