Data Utama Madura Politik Sumenep

Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Sumenep Gelar Media Gathering Bersama Jurnalis

SUMENEP, beritadata.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep sukses menggelar Media Gathering dan diskusi bersama media atau Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Azmi Hotel Jalan Kapten Tesna Lingkungan Delama, Pajagalan Kota Sumenep. Minggu 24 Desember 2023 malam.

Kegiatan tersebut bertajuk “Peran Media Massa dalam Mewujudkan Pemilu Demokratis dan Berintegritas Pada Pemilihan Umum Tahun 2024”. Diikuti oleh puluhan Jurnalis yang tergabung dari berbagai Organisasi wartawan yang ada di Kota Keris.

Mereka dipandu oleh pemateri senior, baik di Bawaslu maupun di profesi kewartawanan, yakni Moh Rifai SH MH, yang hingga kini masih aktif di Harian Surya dan TribunMadura.com.

Adapun materi yang disampaikan berkaitan dengan peran dan posisi media dalam mengawal pelaksanan Pemilu sebagai platform baik yang berbasis digital maupun cetak.

Dimana, media bisa memberikan ruang untuk mengemukakan pendapat maupun pemikiran sebagai perwujudan demokrasi dalam menyuarakan aspirasi masyarakat di ranah politik, menyampaikan gagasan hingga mengkritisi kebijakan pemerintah.

“Tentunya sesuai kaidah-kaidah jurnalistik dan Dewan Pers yang diatur dalam UU No 40 tahun 1999,” paparnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumenep Zubaidi  mengatakan, pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Oleh karena itu sinergitas antara Bawaslu dan Media sangat penting dalam memperkuat pengawasan, sehingga masyarakat tercerahkan, melek politik dan menangkal berita Hoax.

“Harapanya, kedepan sinergitas Bawaslu dengan teman-teman pers ini terus bejalan, mari kita sukseskan pemilu tahun 2024,” pungkas Zubaidi. (Zn).

Leave a Comment