Data Utama Madura Sosial

Peringati Hari Listrik Nasional, PLN UID Jatim Beri Bantuan Sambungan Listrik Gratis di Sumenep

Tim PLN UID Jatim dan Pemkab Sumenep saat memberikan bantuan pada warga

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke 76 tahun, PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, berikan bantuan sambungan listrik gratis kepada warga Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Senin (08/11/20) kemarin.

Hadir pada kesempatan itu Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasyadi, Muspika Batuan, dan Manager PLN UP3 Pamekasan, Miftachul Farqi Faris.

Dalam sambutannya, General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Adi Priyanto menyampaikan, lebih dari 18 ribu keluarga pra sejahtera akan menerima bantuan biaya penyambungan listrik dari hasil VCRR yang diselenggarakan tahun ini.

Sementara pada tahun sebelumnya, melalui gelaran PLN VCRR 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera.

“PLN Mobile VCRR telah diikuti 1311 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul sudah mencapai Rp.447.049.200,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, PLN akan menyalurkan donasi bantuan listrik gratis untuk rumah tangga tidak mampu sebanyak 1.250 pelanggan di Kabupaten Sumenep dengan nominal Rp.906.876.000,-.

Selain itu, PLN juga hadir bersama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN untuk menyalurkan zakat rekan-rekan pegawai kepada para dhuafa dan penerima manfaat.

YBM PLN sendiri merupakan lembaga pengelola zakat, infaq, sodaqoh rekan-rekan PLN yang kali ini akan menyalurkan bantuan paket sembako untuk 50 orang penerima manfaat dengan total senilai Rp.12.500.000,-.

“Selain peningkatan kesejahteraan dengan adanya listrik kami berharap, Rasio Elektrifikasi desa belum berlistrik di Jawa Timur makin meningkat dengan adanya kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Sumenep, Edy Rasyadi mengucapkan banyak terimakasih kepada General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur yang terus membantu masyarakat Kabupaten Sumenep utamanya dalam segi kelistrikan.

“Kemarin telah dilakukan MoU Pemkab Sumenep dengan General Manager Jawa-Bali, ini dalam rangka percepatan elektrifikasi Kabupaten Sumenep. Mudah-mudahan bisa tercapai utamanya di Kepulauan,” ungkapnya..

Pihaknya juga merespon baik bagi warga setempat yang mendapatkan bantuan listrik gratis tersebut. Sedikitnya dua warga desa tersebut mendapatkan penyambungan listrik secara gratis.

“Masyarakat alhamdulillah banyak yang bersyukur mendapatkan bantuan gratis ini. Saya harapkan PLN terus membantu Kabupaten Sumenep,”

“Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut, aliran listrik bisa dirasakan masyarakat kurang mampu utamanya di Kepulauan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment