Data Utama Madura Pariwisata Sumenep

Percantik Dua Destinasi, Disbudporapar Sumenep Rehab Fasilitas Wisata Pantai Slopeng dan Lombang

Para pekerja saat mengecat pagar di Pantai Slopeng

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kebudayan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep merehab sejumlah fasilitas objek wisata Pantai Slopeng dan Lombang guna mempercantik dua destinasi tersebut.

Kapala Disbudporapar Sumenep Moh Iksan mengatakan, pihaknya memang sudah mengusahakan agar perbaikan di dua destinasi pantai yang dikelola Pemkab itu bisa terlaksana maksimal.

Namun, dalam proses pengajuan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun lalu, untuk renovasi destinasi wisata tidak kebagian anggaran, sehingga pihaknya menggunakan anggaran perwatan fasilitas kantor tahun 2023 untuk mempercantik dua destinasi itu.

“Semua fasilitas yang ada dalam tanggung jawab Disbudporapar perawatannya bisa menggunakan dana itu, termasuk fasilitas tempat wisata,” ujar Iksan, Rabu 24 Januari 2024.

“Anggarannya tidak banyak, hanya Rp 100 juta, itu dibagi dua untuk pantai Lombang dan slopeng, masing-masing Rp 50 juta,” sambungnya.

Iksan mengungkapkan, untuk renovasi berskala besar termasuk perbaikan infrastruktur, sudah diajukan dalam penyusunan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2024, pada rapat paripurna di gedung DPRD Sumenep tahun lalu.

“Sudah disetujui, Disbudporapar hanya sebatas mengajukan saja, nanti pelaksananya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR),” ungkap Iksan diiringi tawa. 

“Sejumlah fasilitas di objek wisata yang kami rehab sekarang itu yang ringan-ringan saja, seperti mengecat pagar dan fasilitas lainnya, karena kondisinya memang sudah butuh perawatan,” tutupnya. (zn).

Leave a Comment