Data Utama Madura Pariwisata Sumenep

Perbaikan Fasilitas Wisata Pantai Lombang Tunggu PAK

Fasilitas wisata di pantai Lombang alami kerusakan parah diduga akibat abrasi air laut

SUMENEP, beritadata.id – Sejumlah fasilitas penunjang wisata di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengalami kerusakan.

Salah satunya bangunan kubah, sebuah bangunan ikonik yang biasa dijadikan spot foto oleh pengunjung dan beberapa bangun gazebo di tepi pantai yang juga tak kalah memperihatinkan.

Pantauan di lokasi, bangunan kubah tersebut nampak di beri pagar pembatas berbahan bambu seadanya, sebab kondisi bangunan rusak parah, pondasi miring dan mengelami retak di berbagai titik yang diduga akibat abrasi air laut.

“Mungkin karena pasirnya terkikis ya, makanya hampir roboh begitu,,” ujar Laila (24), salah seorang pengunjung pantai Lombang.

“Semoga cepat diperbaiki,” imbuhnya diiringi tawa saat dimintai komentar di lokasi pada Minggu 25 Juni 2023.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, dalam hal ini Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) selaku pengelola destinasi wisata tidak menafikkan jika sejumlah fasilitas wisata Pantai Lombang banyak yang rusak.

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Ikhsan mengatakan, kerusakan fasiltas tersebut saat ini tengah menjadi atensi khusus Pemkab untuk segera dilakukan perbaikan.

Pasalnya, keberadaan fasilitas bagi wisatawan begitu sangat penting, seperti adanya spot foto estetik yang mampu menunjang nilai jual sebuah destinasi wisata sehingga menarik minat pengunjung.

“Saat ini sudah menjadi atensi untuk bisa dilakukan perbaikan,” katanya, Senin 26 Juni 2023.

Meski tak menjelaskan nominalnya, Moh Ikhsan mengakui jika anggaran perbaikan yang tersedia di instansinya masih minim. Menurut dia, pemerintah daerah telah memaksimalkan anggaran yang ada sesuai dengan program skala prioritas.

“Setelah anggaran siap langsung diperbaiki,  kita mengajukan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK),” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment