Data Utama Madura Sosial Sumenep

Penyandang Tuna Sosial Menjamur, Komisi IV DPRD Sumenep Soroti Kinerja Dinsos

SUMENEP, beritadata.id – Penyandang tuna sosial di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, masih marak ditemukan di sudut-sudut Kota. Kondisi ini tentu di sorot banyak pihak.

Salah satunya datang dari anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Siti Hosna.

Politisi wanita itu meminta, supaya Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep segera menemukan solusi bagi tuna sosial yang masih berkeliaran itu.

Dirinya menjelaskan, dalam penanggulangan tuna sosial sudah seharusnya Dinsos membuat program yang terintegritas dari berbagai elemen, termasuk lapisan paling dekat dengan masyarakat.

“OPD-OPD di Sumenep harus memiliki program dalam meminimalisir pengangguran, termasuk berkoordinasi dengan aparatur Desa,” jelasnya, Rabu (09/02/22).

Dengan adanya program-program tersebut, kata Hosna, diharapkan angka pengangguran dan kemiskinan yang memicu menjamurnya tuna sosial di Kabupaten Sumenep akan mengalami penurunan.

“Pengangguran sangat tinggi, sehingga penyakit tuna sosial juga cukup banyak di Sumenep,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Sumenep Fajarisman mengaku, dengan adanya wabah Covid-19 sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk angka kemiskinan di kabupaten paling timur Pulau Madura ini cukup tinggi.

“Sehingga masih dijumpai warga yang berkeliaran mencari sumber penghasilan dengan cara mengemis, tetapi aktornya berbeda dengan yang ditemui sebelumnya,” paparnya.

Fajarisman melanjutkan jika keberadaan tuna sosial bukan persoalan baru, sejak dulu sebagian warga Sumenep yang menjadi pengemis, baik beroperasi di daerah sendiri maupun luar kota. Pihaknya menegaskan untuk mengatasi persoalan tersebut Pihak Dinsos Sumenep telah menerapkan dua jadwal razia penertiban kota selama 1 tahun.

“Kami sudah berkoordinasi dengan penegak hukum, daerah atau titik-titiknya memang sudah kami pegang, diantaranya di Taman Bunga, insya Allah habis satu dua bulan ke depan kami bakal lakukan pengawasan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment