Bangkalan Budaya Data Utama Food Madura

Pemkab Bangkalan Gelar Festival 1001 Bebek, Dihadiri oleh Menparekraf

BANGKALAN, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar acara Festival Kuliner 1001 Bebek, Kamis (31/3/2022) di depan Pendopo Agung. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Sholahudin Uno.

Selain memiliki potensi wisata berupa wisata alam, budaya dan religi Bangkalan juga memiliki ragam wisata kuliner, salah satunya yakni ragam menu olahan bebek yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai media menarik minat wisatawan berkunjung ke Bangkalan.

Acara yang menyajikan berbagai ragam menu olahan bebek tersebut mendapat antusias dari masyarakat yang luar biasa. Dalam Festival 1001 Menu Bebek, Pemkab Bangkalan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangkalan juga menyajikan aneka kuliner lain khas Bangkalan seperti Topak Ladeh, Tajin Sobih, Nasi Serpang, Nasi Nya’ Litik, Nasi Amboina, hingga sate bebek, dan sate bebek kelapa.

Menurut Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan hampir semua daerah di Bangkalan memilliki menu olahan bebek unggulan. Kuliner bebek ini mampu menarik minat para wisatawan dari luar daerah.

“Karena itu olahan bebek ini kami kemas dalam bentuk festival menu olahan dengan harapan kuliner bebek Bangkalan akan lebih dikenal,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan melalui pengelolaan dan promosi wisata yang baik, kuliner Bangkalan akan mampu menjadi magnet untuk menarik para wisatawan pecinta kuliner.

“Karena itu saya berharap, melalui festival 1001 bebek ini akan menjadi media yang afektif untuk mempromosikan wisata kuliner, khususnya olahan bebek. Dan kami juga mohon dukungan kepada Mas Menteri untuk membantu menarik para investor datang ke Bangkalan,” kata Bupati.

Sementara itu, Menparekraf RI Sandiaga Sholahudin Uno mengapresiasi kegiatan tersebut. Ditengah terjangan pandemi covid, kegiatan semacam sangat membantu untuk membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dengan penanganan Covid yang semakin terkendali dan baik, saya apresiasi ekonomi ini membuka peluang usaha kuliner maupun ekonomi kreatif lainnya,” ujarnya.

Sandi juga terus mendorong pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Bangkalan. Sehingga diharapkan perekonomian para pelaku parekraf dapat segera pulih pasca-dua tahun dihantam pandemi.

“Kami sudah menampung masukan teman-teman ekraf agar pemerintah bisa hadir dengan program-program yang tepat sasaran tepat manfaat dan tepat waktu,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf bersama pejabat lainnya ikut mencicipi olahan menu bebek di stand yang disediakan. (Red)

Leave a Comment