Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Pemkab Bangkalan dan DPRD Tetapkan KUA-PPAS 2022, Pemulihan Ekonomi jadi Skala Prioritas

BANGKALAN, beritadata.id – Tahapan demi tahapan pembahasan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Kabupaten Bangkalan tahun 2022 telah selesai dilakukan. Untuk itu pada Rabu (1/9/2021) DPRD Setempat menggelar Rapat Paripurna Penetapan KUA-PPAS tahun 2022.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron yang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Mohni ikut hadir dalam rapat paripurna tersebut. Ia mengatakan KUA-PPAS adalah tahapan penganggaran yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah beserta DPRD.

“Alhamdulillah tahapan pembahasan KUA-PPAS tahun 2022 telah selesai dan telah ditetapkan,” ujarnya usai acara.

Ia menjelaskan bahwa KUA-PPAS adalah tahapan dalam penyusunan anggaran yang harus dilakukan. KUA-PPAS juga merupakan kebijaksanaan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD .

“Ini adalah kesepakatan antara kita eksekutif dengan legislatif selaku yang punya anggaran,” imbuhnya.

Ia menambahkan setelah ini tahapan selanjutnya adalah penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022. “Mudah-mudahan tidak ada kendala dan bisa selesai tepat waktu,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan Taufan Zairinsjah yang juga menjadi Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengatakan skala prioritas dalam KUA-PPAS adalah pemulihan ekonomi, penanganan Covid-19 dan visi misi Bupati dan Wabup Bangkalan.

“Tidak banyak perubahan dibandingkan dengan tahun ini karena memang kondisi masih pandemi. Tapi kita akomodir semuanya termasuk visi misi Pak Bupati,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad mengatakan penetapan KUA-PPAS menandai dimulainya pembahasan RAPBD tahun anggaran 2022. “Hasil pembahasan telah dicapai kesepakatan antara Banggar dan TAPD Kabupaten Bangkalan, yang kemudian untuk dijadikan acuan dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2022,” ujarnya.

“Kami berharap kerja sama antara stakeholder dan DPRD dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangkalan, dan menjaga agar suasana tetap dinamis dan kondusif,” tambahnya. (Red)

Leave a Comment