Data Utama Keagamaan Madura Sumenep

Naiki Bus Sebelum Berangkat, Cara Unik Bupati Sumenep Motivasi Jemaah Haji

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyempatkan diri naiki bus memotivasi CJH sebelum berangkat (istimewa)

SUMENEP, beritadata.id – Bupati Sumenep Achmad Fauzi memiliki cara tersendiri dalam melepas kberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) cadangan  2023 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, pada Selasa 6 Juni 2023 dini hari.

Disana, Bupati nampak menaiki bus yang berisi jamaah sebelum diberangkatkan ke tanah suci, di dalam bus itu Bupati menyapa jamaah dan memberikan motivasi agar khusuk saat menjalankan ibadah haji.

“Kami mendoakan semoga CJH Kabupaten Sumenep 2023 baik yang telah berangkat sebelumnya Kelompok Terbang (Kloter) 7 dan 8, serta CJH cadangan senantiasa sehat selama berada di tanah suci Mekah,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, Ibadah haji memerlukan fisik yang prima, sehingga para jamaah haji diharapkan selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di Negara Arab Saudi, sehingga mampu menjalankan rangkaian ibadah haji.

Hal itu ia jelaskan pada jamaah haji bukan tanpa alasan, sebab kondisi cuaca di Indonesia berbeda dengan Arab Saudi, sehingga membutuhkan penyesuaian diri.

“Apabila para jamaah ada keluhan kesehatan, bisa berkonsultasi kepada petugas medis yang telah disiapkan pemerintah,” pesannya.

Politisi PDIP itu tak lupa mendoakan para jamaah haji kembali ke Kabupaten Sumenep dalam keadaan selamat sehat walafiat, dan menjadi haji mabrur.

“Pemerintah daerah dan keluarga tentu senantiasa berdoa yang terbaik untuk para jamaah,” pungkasnya.

Diketahui, pada pemberangkatan CJH 2023 tersebut, Pemkab Sumenep telah menyediakan sarana transportasi bus gratis, untuk membawa mereka dari Kabupaten Sumenep menuju Surabaya baik bagi CJH Kloter 7, 8 dan CJH cadangan yang sebanyak 165 orang tersebut. (Zn)

Leave a Comment