Bangkalan Data Utama Jatim Madura Politik

Munculnya Pasangan Arief – Ra Hasbullah di Pilkada Bangkalan Jadi Angin Segar Buat Masyarakat

BANGKALAN, beritadata.id – Pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup dan Cawabup) Kabupaten Bangkalan tinggal menghitung hari. Jadwalnya KPU akan membuka pendaftaran pada tanggal 27 – 29 Agustus mendatang.

Tak banyak figur yang muncul meramaikan bursa Pilkada Bangkalan. Bahkan trah Bani Kholil yang menjadi harapan besar masyarakat Bangkalan sampai saat ini belum ada yang pasti.

Sebaliknya kekuatan diluar Bani Kholil seperti pasangan Lukman Hakim dan Fauzan Ja’far semakin besar. Partai-partai dengan perolehan kursi dominan membentuk koalisi gemuk mendukung pasangan Lukman – Fauzan.

Alasan itulah yang membuat munculnya isu upaya calon tunggal di Pilkada Bangkalan. Jika hal itu sampai terjadi, ada yang menyebut masyarakat Bangkalan dipaksa untuk tidak punya pilihan calon lain.

Awalnya, sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) merevisi Undang-undang Pilkada harapan munculnya calon lain semakin menipis. Pasalnya, sisa kursi di parlemen yang belum masuk pada koalisi Lukman – Fauzan tinggal sedikit.

Namun setelah MK memutuskan ambang batas pencalonan Cabup – Cawabup mengikuti hasil perolehan suara sah partai dan tidak lagi berdasarkan kursi, maka harapan munculnya calon lain hidup kembali.

Terbaru, ramai di media sosial munculnya pamflet Cabup – Cawabup Bangkalan baru. Adalah pasangan Arief M Edie dan KH Hasbullah Muhtarom yang digadang-gadang akan meramaikan bursa Pilkada Bangkalan.

Bukan tanpa alasan, Arif M Edie yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan dinilai cukup berpengalaman dalam bidang birokrasi. Sementara KH Hasbullah Muhtarom atau yang akrab disapa Ra Has adalah Ketua DPC PPP Bangkalan. Sampai saat ini PPP belum mengeluarkan dukungan pada siapapun.

Mengacu pada putusan MK, PPP bisa mengusung calon sendiri pada Pilkada Bangkalan 2024 tanpa berkoalisi dengan partai lainnya. Perolehan suara sah PPP Bangkalan pada Pemilu beberapa waktu lalu diatas 7,5% dari jumlah DPT Bangkalan.

Dalam pamflet tersebut tak hanya menampilkan pasangan Arief – Ra Hasbullah, namun juga menampilkan dua partai pengusung yaitu PPP dan Partai Gelora.

Salah satu Aktifis di Kabupaten Bangkalan Ahmad Annur mengatakan munculnya Arif M Edi yang berpasangan dengan Ra Hasbullah dalam bursa Pilkada Bangkalan menjadi angin segar buat masyarakat Bangkalan. 

“Yang namanya kontestasi itu ada lawannya. Kalau calon tunggal maka tidak bisa dikatakan kontestasi,” ujarnya.

Dengan begitu menurutnya, Pilkada bangkalan tidak lagi dihadapkan pada satu pilihan saja (melawan kotok kosong). Sehingga masyarakat akan mempunyai alternatif lain yang sesuai dengan keyakinan masing-masing dengan mempertimbangkan visi-misi dan rekam jejaknya.

“Jika sudah demikian maka demokrasi di Bangkalan benar benar berjalan,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment