Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Momentum Hari Tani Nasional, Dispertahortbun Sumenep Salurkan Beragam Bantuan Pertanian

Kepala Dispertahortbun Sumenep Arif Firmanto saat menyerahkan bantuan

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Tani Nasional tahun 2021, pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) setempat menyerahkan beragam jenis bantuan pertanian kepada petani.

Sejumlah bantuan pertanian tersebut meliputi benih padi dan jagung, alat-alat pertanian (Alsintan) seperti pompa air, traktor, kultivator, hand sprayer berikut juga bantuan sarana irigasi.

Dalam suasana pandemi Covid-19, penyerahan bantuan ini dikakukan langsung per Kecamatan. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerumunan ditengah pandemi.

Selain penyerahan bantuan pertanian, Dispertahortbun juga melaksanakan pelatihan diversifikasi produk tembakau bersama pusat penelitian tembakau (Puslit) PTPN X Jember. Termasuk memberikan pelayanan kesehatan hewan ternak terpadu.

Bahkan, dalam menyambut momentum hari tani nasional itu, Dispertahortbun juga mengisinya dengan siaran pedesaan melalui radio republik Indonesia (RRI) Sumenep. Dengan tema “Kiprah Indonesia, Geliat Membangun Desa Tumbuh Menghijau Hasil Melimpah”.

Kepala Dispertahortbun Sumenep, Arif Firmanto mengatakan, penyaluran bantuan tersebut bertujuan untuk menunjang produktivitas petani Sumenep.

“Bantuan yang disalurkan tidak hanya di wilayah daratan namun juga di kepulauan,” ujar Arif, Jumat (24/09/21).

Arif menjelaskan, Dispertahortbun Sumenep membagikan bantuan benih padi dengan sasaran 6.685 hektar. Sedangkan jagung sekitar 21.160 hektar. Dimana, wilayah Kecamatan yang tidak diberikan bantuan benih padi hanya Kecamatan Talango dan Giligenting. Sebab, di dua Kecamatan itu belum bisa memproduksi padi.

“Untuk bantuan benih jagung semua merata di 27 Kecamatan, baik di daratan dan kepulauan,”

“Kedepan bantuan benih juga akan kita lakukan. Pemkab akan terus mendorong petani kita menjadi lebih baik,” sambungnya.

Pria yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKP) Sumenep itu menambahkan, bantuan sarana dan prasarana pertanian tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh setiap penerima. Dari penyaluran itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota keris yang berprofesi sebagai petani maupun buruh tani.

“Pada momentum hari tani nasional ini kami mengucapkan terimakasih kepada petani, karena petani merupakan guru bangsa pencetak peradaban tanpa pamrih,”

“Tetap bangga walau seolah jadi warga negara kelas dua, secara umum kami sampaikan terimakasih kepada seluruh Petani di Indonesia,” pungkas Arif Firmanto. (Zn)

Leave a Comment