Bangkalan Data Utama Madura Sosial

Meski Hari Libur, Bupati Ra Latif Blusukan ke Desa-desa, dari Tinjau Jalan Ambles hingga Bantu Rumah Terbakar

BANGKALAN, beritadata.id – Tidak mengenal kata lelah, meski hari libur Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menyempatkan diri untuk blusukan ke desa-desa, Minggu (12/9/2021). Banyak hal yang dilakukan Bupati Ra Latif dalam kesempatan itu. Misalnya meninjau jalan ambles hingga memberikan bantuan pada warga yang rumahnya kebakaran.

Lokasi pertama yang didatangi Bupati Ra Latif adalah Desa Tlagah, Kecamatan Galis, Bangkalan. Disana Politisi PPP itu meninjau jalan penghubung antara Desa Tlagah dan Desa Galis Dajah yang ambles sekitar 20 meter.

Ia membawa serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) dan Kepala Dinas PUPR.

Menurut Bupati Pemkab sementara akan membuat jalan alternatif agar masyarakat bisa melintasi akses jalan tersebut. Selain meninjau jalan yang ambles karena hujan, Bupati Ra Latif juga melihat kondisi tebing jalan yang hampir longsor dan menimpa rumah warga.

“Insyaallah dalam waktu dekat, tapi sebelumnya kami akan buat jalan alternatif dulu di sekitar jalan itu. Insyaallah minggu depan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala PUPR melalui Kepala Bidang Bina Marga Guntur Setiadi mengatakan, setelah melakukan pengurukan butuh dana kasar sekitar 150 juta untuk membangun jalan yang ambles tersebut.

“Itu masih estimasi kasar. Kalau untuk tebing penahan jalan yang juga hampir longsor itu perkiraannya juga 150 juta,” imbuhnya.

Dari Desa Tlagah, Bupati Ra Latif bergeser ke Dusun Sanglalang, Desa Gigir, Kecamatan Blega, Bangkalan. Disana ia memberikan bantuan pada warga bernama Namin yang rumahnya dilalap si jago merah seminggu yang lalu.

Bupati langsung memberikan bantuan stimulan berupa uang sebesar 17 juta rupiah. Tak hanya memberikan bantuan stimulan, Pemkab Bangkalan juga memberikan sembako, alat dapur dan terpal agar keluarga Namin bisa berteduh sementara.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rumahnya, setidaknya bantuan yang kita berikan akan membantu untuk keperluan bahan bangunan,” ungkap Bupati saat meninjau langsung ke lokasi.

Dijelaskannya bahwa kunjungan ke rumah korban kali ini selain memberikan bantuan berupa sembako dan keperluan rumah tangga, Ra Latif sekaligus memberikan dorongan moril terhadap korban supaya bisa lebih kuat lagi dan dapat segera bangkit setelah mengalami musibah kebakaran rumah.

“Saya prihatin sekali, ya saya datang k sini ikut prihatin. Juga ini mudah-mudahan bisa menjadi motivasi beliau bahwa beliau tidak sendiri, karena masih ada yang perduli,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment