Data Utama Khazanah Madura Sumenep

Membanggakan, Kafilah Sumenep Raih Tujuh Juara di MTQ Jatim 2023

Juara 1 tilawah dewasa (Abdul Jalil) didampingi Wabup dan Kabag Kesra

SUMENEP, beritadata.id – Membanggakan, kafilah Sumenep sukses meraih tujuh juara pada MTQ tingkat Jatim 2023 di Enam cabang lomba yang digelar di Kota Pasuruan.

Enam cabang lomba yang diikuti perwalilan Sumenep itu diantaranya, 1 Cabang Tilawah Dewasa Putra atas nama Abdul Jalil (alumni Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Terate, Pandian, Sumenep) berhasil menyabet juara satu.

Kemudian Hairur Rafiki, Juara dua Cabang Qiraat Sab’ah Murattal Dewasa; dan Dina Maya Shafa, yang juga meraih Juara 2 Cabang Tilawah Anak-anak Putri.

Untuk Cabang Musabaqah Fahmi Quran (MFQ) Putra berhasil meraih juara 2, dengan perwakilan A Syukron Khairul Anwar Syuaidi, Ach. Hariri dan Mirza Ghulam. 

Sementara dari cabang MFQ Putri juga meraih Juara 2 dengan peserta atas nama Wafiqatun Nuraniyyah, Nur Diana Alisa Rahma dan Fitriyah Hanun.

Selanjutnya, Izzah Atqan Nisa’ Zaen dari Cabang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) berhasil meraih Juara Harapan 2. Sedangkan Moh Fadlurrahman perwakilan Cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) mendapatkan Juara Harapan 3.

Enam cabang perwakilan Kafilah Sumenep yang sukses raih juara di MTQ Tingkat Jatim 2023 itu tentu membuat Pemerintah Kabupaten Sumenep bangga.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Kamiluddin pun menyampaikan apresiasi atas persembahan juara dari perwakilan Kafilah Sumenep dalam ajang MTQ XXX tingkat Jatim 2023.

“Keberhasilan yang diraih Kafilah Sumenep ini tak lepas dari kerja sama semua pihak untuk menyelesaikan target capaian pada MTQ tingkat Jatim tahun ini,” kata Kamiluddin, Ahad, 8 Oktober 2023 kemarin.

Tak lupa, ia juga itu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo yang mendukung penuh, terutama dari sisi anggaran, untuk mempersiapkan Kafilah MTQ Sumenep sehingga bisa berkompetisi dengan baik di MTQ tingkat Jatim 2023.

“Saya rasa semua hal itu saling mendukung satu sama lain, adanya anggaran, sistem pembinaan dan kualitas SDM, semuanya saling berkesinambungan,” urainya.

Ia menegaskan, perolehan juara Kafilah Sumenep MTQ tingkat Jatim tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2019 Sumenep berada di peringkat 17 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Kemudian tahun 2021 naik ke peringkat 14. Dan tahun 2023 ini menempati peringkat 13.

“Para juara 1 dan 2 berhak ikut seleksi MTQ Nasional tahun 2024,” jelas Kamil.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih, dengan melakukan seleksi lebih ketat guna mendapatkan bibit peserta MTQ berkualitas yang siap bertanding baik secara mental maupun intelektual.

“Keahlian yang mumpuni tanpa dibarengi mentalitas yang kuat tidak bisa memberikan hasil maksimal saat menghadapi perlombaan,” sambungnya.

Pihaknya juga kembali menekankan bahwa MTQ tidak hanya sekadar perlombaan semata. Namun juga harus dijadikan sarana menumbuhkan dan menyebarluaskan kecintaan terhadap Al-Qur’an. 

“Semoga ke depan Sumenep bisa terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang didapatkan,” tandasnya. (*/zn)

Leave a Comment