Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Maknai HUT RI ke-78, Direktur RSUD Sumenep: Saatnya Merdeka untuk Sehat

Direktur RSUD Sumenep dr Erliyati

SUMENEP, beritadata.id – Momentum Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 memiliki makna tersendiri bagi Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes.

Menurutnya, HUT ke-78 RI bukan sekadar menjadi ajang seremonial upacara bendera belaka dan sebatas mengenang jasa perjuangan para pahlawan bangsa.

Melainkan harus dijadikan sebagai momentum meneladani semangat para pahlawan. Yaitu dengan cara menerapkan semangat perjuangan ala pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti dalam pekerjaan misalnya, kita sebagi tenaga kesehatan harus memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, saatnya merdeka untuk sehat,” ujar dr. Erliyati saat ditemui usai Upacara HUT ke-78 RI di halaman kantor Pemkab Sumenep, Kamis, 17 Agustus 2023.

Dokter Erly mengungkapkan, kesehatan adalah hak masyarakat yang harus dipenuhi Negara, hal tersebut telah diatur dalam konstitusi Negara.

Yaitu di Pasal 28H ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi “setiap orang berhak untuk hidup sejahtera lahir dan bathin, bertempat tinggal dan hidup dilingkungan yang baik dan sehat serta berhak mendapatkan pelayanan kesehatan,”

“Jadi, HUT ke-78 RI ini adalah momentum merdeka untuk sehat bagi seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali warga Kabupaten Sumenep” ungkapnya penuh semngat.

Untuk memenuhi amanat undang-undang tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumenep membuat program layanan kesehatan gratis berupa Universal Coverage Health (UHC).

Karena itu, pihaknya berharap warga Sumenep benar-benar memanfaatkan keberadaan program UHC dengan baik saat memiliki masalah kesehatan. Supaya hak merdeka untuk sehat sebagaimana amanat undang-undang bisa diwujudkan dan dipenuhi oleh negara.

“Sekarang itu tidak ada lagi alasan tidak punya biaya berobat, kesehatan masyarakat itu sudah ditanggung Negara,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment