Data Utama Madura Sumenep

Mahasiswa UTM Adakan Pelatihan Pengemasan Produk Menggunakan Sealer Plastik

Mahasiswi UTM saat memberikan materi pelatihan pengemasan produk kepada masyarakat Ambunten Timur, Sumenep

SUMENEP, beritadata.id – Kemasan produk yang menarik tentunya punya tempat tersendiri di hati para calon pembeli. Untuk itu memilih bahan pengemasan yang harus sesuai dengan jenis makanan itu juga perlu diperhatikan.

Itulah yang dilakukan Mahasiswa KKN-T Kelompok 61 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang mengadakan pelatihan bersama pelaku usaha di Desa Ambunten Timur, Sumenep, tentang pengemasan hasil produk dengan menggunakan alat sealer plastik (18/06/22). Tujuannya, untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mengemas produk yang baik, estetik, efisien, ramah lingkungan, tahan lama, menarik dan modern. Warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka langsung berpraktek.

Mada’i Sultan Wirawan koordinator KKN-T kelompok 61 mengatakan saat ini masih banyak pelaku usaha yang mengemas produknya menggunakan plastik ditali atau stapples. “Di zaman yang semakin canggih dan modern, pengemasan dengan cara seperti itu akan makin sulit dilirik oleh konsumen, terlebih konsumen luar,” katanya.

Ia menambahkan, pelatihan semacam ini sangat cocok untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Mesin sealer plastik merupakan mesin press plastik yang digunakan untuk merekatkan plastik dengan ukuran yang lebih kecil supaya produk jualan kedap udara atau terhindar dari air, cara kerjanya dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh listrik, membuat plastik akhirnya menempel.

“Dengan alat ini, tidak perlu susah-susah menyalakan lilin untuk merekatkan plastik menggunakan stepples yang justru itu membahayakan bagi konsumen, selain itu produk jualan akan lebih estetik dan banyak konsumen yang melirik,” pungkasnya.

Leave a Comment