Data Utama Jatim Madura

Mahasiswa Abdimas UTM Mengenalkan Manfaat Daun Kelor sebagai Pencegah Stunting di Desa Kebundadap Timur

Beritadata.id – Abdi Masyarakat (Abdimas) UTM (Universitas Trunojoyo Madura) mengadakan kegiatan sosialisasi tentang manfaat daun kelor sebagai pencegah stunting, Minggu (12/11/2023) di Desa Kebundadap Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemuda di desa setempat.

Dalam kegiatan ini, disampaikan bahwa daun kelor mengandung nutrisi yang cukup tinggi, seperti vitamin, karbohidrat, zat besi, kalium, kalsium, folat, dan protein, serta kaya akan mineral, vitamin, dan kandungan fitokimia. Vitamin B6 yang terkandung dalam daun kelor berperan dalam pembentukan sel darah merah, memperlancar buang air besar, dan mencegah sembelit karena tinggi serat.

Dalam upaya pencegahan stunting, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pengolahan makanan ataupun minuman. Puding daun kelor merupakan salah satu contoh olahan daun kelor yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk mencegah stunting.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa Abdimas UTM mengenalkan manfaat daun kelor sebagai alternatif pencegahan stunting dan memberikan contoh olahan daun kelor yang dapat dikonsumsi. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan daun kelor dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah stunting dan meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu menurunkan angka stunting di Indonesia. Selain itu tujuan dari acara sosialisasi ini yaitu untuk membuat produk baru supaya terbentuknya usaha baru dan dapat meningkatkan perekonomian dari desa tersebut yang berasal dari memanfaatkan potensi desa .

Leave a Comment