Bangkalan Data Utama Jatim Madura Politik

Lukman Hakim Silaturahim ke KH Muqtafi Aschal, Doa dan Pesan Penuh Kehangatan

BANGKALAN, beritadata.id – Dalam sebuah suasana penuh keakraban, Lukman Hakim melakukan silaturahim ke kediaman KH Muqtafi Aschal, pengasuh Pondok Pesantren Sirrul Cholil, Desa Lerpak, Kecamatan Geger, Bangkalan.

Pertemuan tersebut berlangsung hangat, diwarnai dengan pesan-pesan mendalam dari KH Muqtafi Aschal yang merupakan salah satu tokoh besar dari zurriyah Bani Cholil Bangkalan.

“Kami bersilaturahim dan meminta doa kepada beliau, karena beliau adalah guru kami. Meski beliau seorang kiyai khos, beliau lebih senang dipanggil kiyai kampung yang suka bersilaturahim,” ujar Lukman Hakim dengan penuh hormat, Minggu (22/9/2024).

KH Muqtafi Aschal, yang dikenal sangat terbuka kepada siapa pun, menyambut silaturahim Lukman dengan senyum penuh kebapakan.

“Lukman ini kan santri saya. Saya ini cuma kiyai kampung, tapi bukan kampungan,” ucap KH Muqtafi dengan gurauan khasnya yang membuat suasana semakin hangat.

Lebih lanjut, KH Muqtafi menyampaikan doa dan harapannya untuk para santri, termasuk Lukman Hakim, agar selalu menjadi manfaat bagi masyarakat.

“Kami mendoakan yang terbaik. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Pesan saya, jadikan Pilkada ini sebagai ajang fastabiqul khoirot untuk kemaslahatan umat. Kondusivitas harus kita jaga bersama,” tegasnya.

Selain itu, KH Muqtafi juga mengingatkan pentingnya menjaga nilai-nilai Islam, terutama yang telah menjadi tradisi di Bangkalan.

“Tolong jaga nilai-nilai Islam, terutama tradisi keislaman yang sudah menjadi simbol Bangkalan. Saya titip ajaran Islam Nusantara, apalagi warisan Syaihona Cholil Bangkalan,” tambah beliau.

Silaturahim ini menjadi momen penuh kebersamaan yang memperlihatkan hubungan erat antara Lukman Hakim dan KH Muqtafi Aschal, sekaligus menunjukkan betapa pentingnya menjaga tradisi dan nilai keislaman di tengah dinamika politik yang akan datang. (Red)

Leave a Comment