Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Legislatif Bangkalan Soroti Tunggakan Pembayaran Biakes Maskin Dinkes ke RSUD

BANGKALAN, beritadata.id -Tunggakan pembayaran klaim Biaya Kesehatan Masyarakat Miskin (Biakes Maskin) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan Tahun Anggaran 2020 mendapat sorotan dari Ketua Komisi D DPRD Bangakakn Nur Hasan.

Menurut dia, Dinkes wajib menyelesaikan tunggakan pembayaran klaim Biakes Maskin tahun ini. Kalau tidak diselesaikan tahun ini akan menjadi problem bagi masyarakat.

”Dalam pembahasan perubahan anggaran Tahun 2021 ini segala divisit anggaran yang belum tertutupi bisa diselesaikan. Termasuk pembiayaan Biakes Maskin, karena itu sangat penting bagi masyarakat yang tidak mampu ketika sedang sakit,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Nur Hasan menuturkan, setelah pembahasan perubahan anggaran tahun ini, pihaknya secara reguler akan memanggil Dinkes untuk mempresentasikan apa yang menjadi penyebab kekurangan pembayaran klaim Biakes Maskin.

“Karena mestinya perencanaan itu sudah mempunyai asumsi bahwa setiap yang dibiayai oleh pemerintah, mestinya sudah terukur dengan anggaran yang ada. Mestinya Dinkes dalam menganggarkan Biakes Maskin itu dua belas bulan. Bukan Dinkes kemudian ketika merencanakan hanya sampek diperubahan atau di PAK,” tuturnya.

Bahkan, kata Nur Hasan, anggaran untuk Biakes Maskin seharusnya diselamatkan dari rafocusing. ”Memang rata-rata tergerus rerefocusing. Tetapi refocusing ini kalau bisa harus diambilkan dari belanja-belanja yang tidak beresiko tinggi terhadap kepentingan masyarakat. Mestinya Baikes Maskin ini diselamatkan dari refocusing. Jadi Dinkes wajib menyelesaikan kekurangan pembayaran klaim Biakes Maskin itu tahun ini,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment