Bangkalan Data Utama Madura Politik

Lantik Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu Bangkalan Tekankan Pentingnya Belajar dari Pengalaman

BANGKALAN, beritadata.id – Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Bangkalan melantik 54 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada 2024, di Gedung Rato Ebuh, Sabtu (25/5/2024).

Setiap kecamatan memiliki tiga Anggota Panwascam. Dari total 54 Panwas, 41 diantaranya merupakan anggota lama yang melanjutkan tugas dari Pileg dan Pilpres. Sementara sisanya adalah wajah baru.

“Sebanyak 41 panitia lama dari Pileg sekarang melanjutkan tugasnya di Pilkada. Lalu ada 13 anggota Panwascam baru,” kata Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain Saleh, usai pelantikan Panwascam.

Penekanan khusus diberikan Bawaslu kepada Panwascam pada Pilkada 2024. Yakni, pentingnya belajar dari pengalaman Pilkada 2018 dan Pemilu 2024.

“Pemilu 2024 masih menyisakan beberapa residu yang belum selesai dan sedang dalam proses di MK. Meski residu Pemilu kali ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya, pengawasan tetap harus ditingkatkan,” ujar Mustain.

Terkait masa kerja Panwascam Pilkada 2024, Mustain menjelaskan bahwa mereka akan bertugas selama 9 bulan sejak pelantikan. Pada Pilkada kali ini, Panwascam tidak memiliki hari libur seperti pada Pemilu sebelumnya.

“Jika pada Pemilu sebelumnya hari kerja hanya Senin hingga Jumat, untuk Pilkada hari kalender termasuk Sabtu dan Minggu juga dihitung. Jika ada sengketa di MK atau PSU, masa kerja bisa diperpanjang. Namun, sementara ini masa kerja ditetapkan selama 9 bulan,” pungkasnya. (Tep)

Leave a Comment