Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Kuota CPNS Sumenep Tembus 2183, Formasi Guru Mendominasi

Ilustrasi

SUMENEP, beritadata.id – Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) tahun 2021 baru saja diumumkan. Tahun ini, Kabupaten Sumenep sendiri mendapatkan kuota 2183 formasi.

Rinciannya, terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru sebanyak 2042 formasi, tenaga kesehatan terdiri dari dua unsur yakni, untuk yang CPNS sebanyak 36 formasi dan untuk PPPK sebanyak 79 formasi. Sedangkan untuk CPNS tenaga tehnis, sebanyak 26 formasi.

Demikian disampaikan Kepala bidang Data dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Sumenep Alqaf Harto, Kamis (27/5/21).

“Itu formasi CPNS dan PPPK yang sudah ditetapkan di Sumenep,” katanya.

Kata dia Formasi PPPK guru bertambah seiring semangat dari pemerintah pusat, bahwa pemerintah pusat berkeinginan supaya kebutuhan terhadap 1,5 juta tenaga pengajar di Indonesia bisa terpenuhi.

“Makanya setiap daerah, mengusulkan kembali untuk formasi tambahan khsus PPPK guru,” ujarnya.

Selain itu lanjut Alqaf, format pendaftaran CPNS tahun ini tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ia mengimbau bagi yang ingin mendaftar agar segera mempersiapkan diri dan belajar.

“Sementara pada saat ini kami masih dalam penyusunan draf-draf, intinya data-data dasar tentang profil calon peserta, seperti KTP, Ijazah dan lain sebagainya segera dipersiapkan,” imbaunya.

Pihaknya berpesan ada dua hal yang perlu diperhatikan bagi calon peserta CPNS dan PPPK. Yakni, pertama, setiap calon peserta betul-betul siap menghadapi serangkaian ujian dan tes kelulusan, serta harus dibekali dengan wawasan yang mumpuni.

“Yang kedua, hindari calo. Karena sekarang sudah bukan jamannya seperti itu, silahkan berkompetisi secara bagus, membekali diri dengan baik, sisanya berdoa pada tuhan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment