Data Utama Madura Sosial Sumenep

Konflik Palestina-Israel, Ketua DPRD Sumenep: Hati-hati Memberikan Bantuan Penggalangan Dana

Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir saat diwawancara

SUMENEP, beritadata.id – Kompleks Masjid al-Aqsa merupakan tempat suci bagi Muslim dan juga Yahudi. Sedari dulu, memang sering terjadi kerusuhan antara polisi Israel dan warga Palestina.

Dilansir dari berbagai sumber, pada Senin (10/5/21) lalu terjadi bentrokan di area komplek masjid Al-Aqsa antara rakyat Palestina dan aparat Israel.

Bentrok dipicu saat kepolisian Israel menutup tempat warga Palestina yang biasa digunakan untuk berkumpul setelah berpuasa. Penutupan itu membuat warga setempat meradang dan melancarkan aksi.

Masyarakat Palestina menyebut jika aparat Israel menyerbu warga. Sementara Israel mengklaim bahwa warga Palestina melempari batu ke aparat yang sedang bertugas.

Buntut dari prahara terbaru antara Israel dan Palestina itu terus berlangsung hingga sebelas hari. Bentrok itu menelan banyak korban tewas dari kedua belah pihak.

Dikutip dari bbcindonesia.com, tercatat korban jiwa akibat pertempuran itu telah menewaskan 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak dan telah melukai 1.900 orang lainnya. Sedangkan di pihak Israel berjumlah 12 orang, termasuk dua orang anak-anak.

Kini kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan gencatan senjata, tepatnya pada Jum’at (21/5/21) lalu. Meski sempat terjadi kerusuhan pasca genjatan senjata, namun untuk saat ini keadaan sudah mulai terkendali.

Konflik Palestina-Israel ini menyita perhatian banyak pihak. Bentuk dukungan moral terus mengalir dari berbagai Negara dan warga Dunia. Tak terkecuali dari ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir.

Politisi partai Kebangkitan Bangsa itu mengatakan, pihaknya turut prihatin terhadap adanya konflik di tanah suci kedua bagi umat muslim itu. Dari rentetan peristiwa yang banyak menelan korban jiwa tersebut, dirinya mengimbau masyarakat Sumnep untuk ikut memberikan dukungan moral dan terus mendoakan warga Palestina.

Mengingat, Palestina merupakan salah satu Negara yang pernah berjasa bagi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945 silam.

“Dari Musholla ke Musholla, Masjid ke Masjid, mari kita doakan terus saudara kita di Palestina agar diberikan kesabaran, karena hanya itu yang paling efektif yang bisa kita lakukan,” imbaunya, Senin (24/5/21).

Abdul Hamid Ali Munir mengingatkan, bagi warga Sumenep yang mampu memberikan bantuan secara finansial untuk korban kekejaman tentara zionis Israel di Palestina. Ia juga mengimbau untuk hati-hati dalam menyalurkan bantuannya. Baik secara langsung maupun melalui lembaga apapun yang melayani program via transfer.

“Karena sekarang banyak pihak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, berkedok bantu tapi bantuan tidak nyampe, kabarnya bantuan untuk masuk ke Palestina itu sulit, jadi harus kenali betul lembaga penyalurnya,” pungkas Abdul Hamid mengingatkan. (Zn)

Leave a Comment