Bangkalan Budaya Data Utama Madura

Kirab Budaya Peringati Hari Jadi Bangkalan ke-492, Pj Bupati: Peranan Penting Tingkatkan Wisata

Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie saat melepas kirap budaya

BANGKALAN, beritadata.id – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bangkalan ke-492, pemerintah setempat menggelar kirab budaya, Selasa (24/10/2023). Digelar setelah pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Bangkalan, kirab budaya mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

Sepanjang jalur yang dilalui Kirab Budaya tampak dipadati oleh masyarakat yang antusias menyaksikan berbagai khazanah seni dan budaya Kabupaten Bangkalan yang disajikan melalui pawai dengan menampilkan berbagai seni, budaya dan legenda dari 18 Kecamatan yang ada di Bangkalan.

Kirab Budaya dilepas secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan, Arief M Edie bersama Pj Ketua TP PKK Bangkalan Siti Nurhuda, di Jl Letnan Abdullah Bangkalan.

Dalam sambutannya Pj Bupati mengatakan, kirab budaya memiliki peranan penting dalam memperingati hari jadi Bangkalan. Peringatan hari jadi merupakan tonggak serta napak tilas perjalanan Kabupaten Bangkalan yang di dalamnya juga terdapat banyak kebhinekaan budaya dan seni yang diangkat.

Kirab budaya menurutnya juga dapat menjadi media bagi generasi muda mengenal kekayaan seni dan budaya yang dimiliki Bangkalan. Pada era kemajuan teknologi, generasi muda memang harus mampu berdaptasi dengan kemajuan teknologi tapi juga harus tetap bisa melestarikan kebudayaan daerah. 

“Saya yakin generasi muda bangkalan adalah generasi milenial dan memilki karater daerah, fondasi agama yang kuat dan cinta terhadap kearifan budaya Bangkalan,” ujarnya.

Keanekaragaman ini kata Pj Bupati, merupakan warisan leluhur yang harus tetap dilestarikan, dan diekspose sebagai jati diri Bangkalan sekaligus daya tarik pariwisata Bangkalan.

“Karena itu pada momentum hari jadi Bangkan ini juga menjadi spirit bagi kita semua untuk saling bersinergi membangun Bangkalan yang lebih maju, sejahtera dan kondusif,” harapnya. (*)

Leave a Comment