Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Kiat-kiat Penanganan Cedera Otot oleh Dokter RSUD Syamrabu

BANGKALAN, beritadata.id – Cedera otot atau tulang sering kali dialami oleh orang-orang. Ketika mengalami cedera tersebut penanganan pertama menjadi suatu yang penting. Jika salah dalam penanganan maka akan berakibat fatal.

Nah, disini Dokter Penanggung Jawab Poli Ortopedi RSUD Syamrabu Bangkalan dr Agung Tisyanto, Sp.OT mencoba untuk memberikan kiat-kiat penanganan pertama cedera otot.

Agung mengatakan menyepelekan cedera akan berpotensi membuat cedera tersebut semakin parah. Apalagi jika tidak ditangani dengan benar. Ia menyebut cedera sekecil apapun bisa berdampak besar di kemudian hari.

“Oleh karena itu sangat penting pengetahuan tentang penanganan pertama cedera otot,” ujarnya.

Bagi seseorang yang mengalami cedera disarankan untuk dilakukan penanganan secara medis terlebih dahulu oleh ahlinya atau orang yang berkompeten. Jangan sampai penanganan cedera dilakukan dengan salah seperti melakukan pemijatan dan sebagainya.

Namun, jika belum mampu atau belum ada waktu untuk berobat secara medis ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti istirahat total dan kompres dengan es.

“Langkah tersebut bisa dilakukan secara mandiri dirumah untuk mengatasi cedera otot,” imbuhnya.

Istirahat total perlu dilakukan untuk mencegah cedera menjadi semakin parah. Meski masih dirasa kuat untuk melakukan aktifitas namun hal itu tidak disarankan.

“Harus istirahat jangan sampai cedera menjadi semakin parah,” jelasnya.

Setelah itu melakukan kompres dengan es pada area cedera harus segera dilakukan. Es dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat cedera. Selain itu kompres es dapat mengurangi risiko terjadinya pembengkakan pada daerah yang mengalami cedera. (Red)

Leave a Comment