Data Utama Madura Pendidikan Sumenep

Kepala MA Taklimusshibyan ini Ajak Siswanya Belajar di Ruang Terbuka

Kepala MA Taklimusshibyan Zawawi M.Pd saat mendampingi siswanya belajar

SUMENEP, beritadata.id – Agar suasana belajar tidak membosankan, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Taklimusshibyan Kecamatan Batang-Batang Sumenep mengajak siswanya belajar di ruang terbuka.

Dimana, kegiatan belajar mengajar di ruang terbuka itu digelar di Pantai Lombang, Minggu 5 Maret 2023.

Kepala Sekolah MA Taklimusshibyan Zawawi  M.Pd mengatakan, pembelajaran di ruang terbuka itu merupakan metode untuk menghilangkan kejenuhan siswa di ruang kelas. “Agar ada suasana baru dan menyenangkan,” katanya, Senin 6 Maret 2023.

Zawawi menjelaskan, selain mengubah suasana agar lebih menyenangkan, belajar di ruang terbuka juga dapat mendekatkan siswa pada alam dan lingkungan.

“Rasa kecintaan terhadap alam dan lingkungan itu harus dibangun, dengan mengajak siswa belajar disini saya berharap perasaan itu  bisa terbentuk dalam diri siswa dengan sendirinya,” jelas Zawawi.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PerguNU itu menilai, sesekali mengubah suasana belajar di ruang terbuka, tentu akan membuat pemahaman siswa dan cara berfikirnya dapat lebih efektif.

“Tidak melulu di kelas, dengan melihat alam terbuka, siswa bisa memanfaatkannya untuk mencari hal- hal yang dapat dijadikan contoh dalam memaparkan pembelajaran,”

“Karena kegiatan belajar mengajar itu kan proses mentransfer ilmu, kalau siswanya tidak jenuh, pikirannya fresh maka mereka bisa menyerap dengan cepat,” sambungnya.

Sementara itu siswi kelas X MA Taklimusshibyan Annisa Firdausi mengaku, sangat senang dengan adanya pembelajaran di ruang terbuka tersebut.
“Kita jadi bisa santai belajar dari biasanya, seru,” ucapnya antusias.

Nisa mengatakan, belajar di ruang terbuka membuatnya tambah semangat belajar. Karena, suasana baru di ruang terbuka dapat membuang kejenuhan di kelas.

“Kalau bisa setiap hari Minggu belajar kesini,” pintanya diiringi tawa. (Zn)

Leave a Comment