Bangkalan Data Utama Madura

Kadis DPMPTSP Samakan Mobil Box Indomaret Dengan Gerobak PKL

Mobil Box Indomaret saat mangkal di even Karapan Sapi (foto insert: Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainul Gufron)

BANGKALAN, beritadata.id – Mobil box Indomaret yang mangkal di Desa Sangra Agung pada saat event Karapan Sapi menuai banyak sorotan. Salah satunya dari Wakil Ketua DPRD Bangkalan Fatkurrahman.

Pria yang akrab disapa Ji Kur itu geram dengan keberadaan mobil box itu. Bahkan saking geramnya, ia memberhentikan penjualan yang dilakukan karyawan indomart tersebut.

Ia pun mengusir mobil box Indomaret agar tak lagi mangkal di area event karapan sapi. Bukan tanpa alasan, Ji Kur mengusir mobil box Indomaret itu karena kasihan terhadap para pedagang kaki lima lokal yang mencari nafkah dari dagangannya, karena harus bersaing dengan perusahaan raksasa.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan Ainul Ghufron saat ditanya perihal ijin Indomaret berdagang keliling dengan menggunakan mobil box, mengaku bahwa usaha seperti itu tidak pernah ada pemberitahuan terhadap pihaknya.

“Sepertinya kalau usaha seperti ini tidak ada laporan ke kami,” ujarnya, Senin (27/1/2020).

Bahkan Ainul terkesan menyamakan mobil box Indomaret yang berjualan keliling tersebut dengan pedagang kaki lima lainnya yang mendorong gerobaknya dan berjualan dipinggir jalan.

“Sama seperti PKL lainnya yang mendorong gerobaknya berjualan dipinggir jalan. Kamis depan komisi A berencana memanggil dinas terkait,” kelitnya.

Ditanya soal mobil box Indomaret jika melakukan jualan keliling harus mengantongi izin atau tidak? Ia mengaku masih akan mempelajari aturannya.

“Saya pelajari dulu peraturannya mas. Kami akan kordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Satpol PP,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment