Data Utama Madura Pariwisata Sumenep

Jumlah Wisatawan Asing Terus Meningkat, Geliat Pariwisata di Sumenep Makin Bergairah

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Ikhsan saat menyambut wisatawan asing

SUMENEP, beritadata.id – Geliat pariwisata di Kabupaten Sumenep semakin bergairah. Sebagai buktinya, belakangan ini kunjungan wisatawan asing ke Kota keris terus meningkat dan menunjukkan progress yang cukup signifikan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Moh Ikhsan mengatakan, pertengahan bulan ini saja jumlah turis yang berkunjung ke Kota keris sudah mencapai ratusan.

“Ada sekitar 126 orang, mereka berasal dari 10 Negara, mulai USA, Australia, Singapore dan sejumlah Negara Eropa,” ucap Ikhsan saat ditemui disela-sela penyambutan kunjungan wisatawan asing di Pendopo Keraton, Jum’at 25 Agustus 2023.

Ia mengungkapkan, destinasi wisata di Sumenep yang gemar dikunjungi Warga Negara Asing (WNA) diantaranya adalah Museum, Pantai Lombang, Gili Labak dan Pantai Sembilan.

“Selain destinasi wisata, para turis juga sangat antusias menikmati kuliner khas Sumenep, melihat benda pusaka seperti keris, tak sedikit dari mereka yang membeli sovenir  batik, dan odheng,” ungkapnya.

Menurut dia, meningkatnya kunjungan wisatawan asing ini tentu tak lepas dari gencarnya Promosi wisata, yang dalam hal ini dimotori oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep di bawah komando Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

“Semua ini tentu berkat peran bapak Bupati, Sumenep ramah bagi para turis, ayo ke Sumenep,” ajaknya.

Pihaknya berharap, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing tersebut, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumenep juga semakin berkembang.

“Mudah-mudahan juga berefek pada pertumbuhan ekonomi, para pelaku UMKM kita semakin hidup, masyarakat sejahtera,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment