Data Utama Madura Pendidikan Sosial Sumenep

Investasi Peningkatan SDM Jadi Solusi Jangka Panjang Pemkab Sumenep Entaskan Kemiskinan

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat menyerahkan beasiswa

SUMENEP, beritadata.id – Dalam upaya mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah melakukan barbagai macam terobosan, salah satunya investasi di dunia pendidikan melalui peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Yaitu memberikan Beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Dimana, program ini dinilai sebagai solusi jangka panjang dan mampu memberikan dampak positif terhadap pengentasan kemiskinan.

Di tahun 2024, anggaran yang dialokasikan untuk program ini mencapai Rp 1,3 miliar bersumber dari APBD. Tahun ini Pemkab Sumenep menyediakan kuota beasiswa sebayak 520 penerima. Tiap mahasiswa akan menerima beasiswa yang bervariasi, nominalnya ada yang Rp 2.500.000 dan ada yang Rp 2.000.000.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep Mustangin melalui Kepala bidang rahabilitasi sosial (Resos) Fajarisman mengatakan, program beasiswa ini sudah berjalan sejak tahun 2022.

“Insyaallah tahun ini sudah yang ketiga kalinya, untuk yang 2 juta itu proposal pengajuannya melalui Pokir dewan, beasiswa ini hanya diberikan satu kali melalui rekening masing-masing,” jelasnya melalui saluran telepon. Sabtu 22 Juni 2024.

Lebih lanjut, ia mengaku sangat optimis jika program beasiswa ini tepat sasaran. Sebab, pihaknya melakukan verifikasi dan validasi (verval) data dengan melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) sebelum menentukan calon penerima beasiswa.

“Jadi, petugas kami itu urun langsung ke rumah-rumah mahasiswa yang mengajukan proposal, mengecek kondisi dan memastikan perekonomian mereka apakah layak atau tidak sebagai penerima,” urainya.

“Ada 270 penerima yang sudah lolos verifikasi sesuai ketentuan, untuk yang 2,5 juta ada 140 orang, sedangkan untuk yang 2 juta ada 130 orang baik dari kepulauan maupun daratan,” tutupnya. (Zn)

Leave a Comment