Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Hasil Panen Melimpah, Bupati Bangkalan Serahkan Bantuan Puluhan Alat Pertanian

BANGKALAN, beritadata.id – Hasil pertanian di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2021 ini melimpah. Hingga tanggal 15 Juli 2021, telah dilakukan panen padi seluas 43.150 hektar yang menghasilkan 142 ribu ton beras.

Sebagai upaya dalam mendukung kerja para petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mendapatkan bantuan. Tak sia-sia, Pemkab Bangkalan melalui Anggota DPR RI Fraksi Gerindra R Imron Amin verhasil mendapatkan bantuan puluhan alat pertanian.

Puluhan mesin pertanian itu diserahkan langsung oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron kepada para kelompok tani dimasing-masing Kecamatan yang membutuhkan.

Bantuan yang diberikan berupa traktor roda 4 sebanyak 6 unit, traktor roda 2 sebanyak 49 unit, cultivator sebanyak 19 unit, pompa 3,5 PK sebanyak 57 unit dan mesin panen padi sebanyak 3 unit.

“Mudah-mudahan alat pertanian ini bermanfaat untuk kelompok tani, dan semoga tahun depan kita bisa dapat lagi,” kata Bupati Ra Latif usai menyerahkan alat pertanian kepada kelompok tani di Jalan Halim Perdanakusuma, Kamis (22/07/2021).

Kinerja Sektor Pertanian Tanaman Pangan di Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 ini memang sungguh sangat membanggakan. Hingga 15 Juli 2021, telah dilakukan panen padi seluas 43.150 hektar yang menghasilkan 142 ribu ton beras.

Jumlah ini sangat cukup untuk memenuhi konsumsi beras masyarakat Bangkalan hingga 10 bulan kedepan. Ditambah dengan masih adanya hujan saat musim kemarau menambah keyakinan akan peningkatan produksi beras di Bangkalan.

Harus diakui bahwa pekerjaan rumah terbesar sektor pertanian salah satunya adalah alih teknologi pertanian dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern yang berbasis mekanisasi pertanian.

“Dengan pertanian modern, membajak sawah cukup menggunakan traktor roda 2, traktor roda 4 atau cultivator, tidak perlu lagi menggunakan sapi atau kerbau,” imbuh Ra Latif.

Memanen padi juga dilakukan dengan mesin panen padi yang menghemat tenaga kerja, waktu dan biaya. Penyediaan alat mesin pertanian modern tersebut membutuhkan biaya yang besar.

“Semoga bisa mensejahterakan para petani di Kabupaten Bangkalan,” tutupnya. (Red)

Leave a Comment