Data Utama Jatim Madura Politik Sumenep

Hari Ketiga Pendaftaran Pilkada 2024, KPU Sumenep Terima Berkas Paslon Fauzi-Imam

SUMENEP, beritadata.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi menerima berkas pendaftaran satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep di Pilkada 2024, yakni Achmad Fauzi Wongsojudo dan KH Imam Hasyim. 

“Hari ini kami menerima satu berkas pendaftaran pasangan calon Fauzi-Imam,” kata Ketua KPU Sumenep Nurus Syamsi di Kantor KPU setempat. Kamis 29 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, setelah melewati proses pemeriksaan oleh tim, berkas pasangan calon Fauzi-Imqm dinyatakan lengkap dan telah memenuhi syarat.

“Tetapi di KPU itu ada dua alur, setelah melakukan proses verifikasi secara langsung, nanti secara lebih rinci berkas akan dimasukkan ke aplikasi Silon, apakah ada masalah atau tidak, namun pada prinsipnya dapat kami sampaikan bahwasannya berkas tersebut lengkap,” jelasnya

Nurus Syamsi menyebutkan, waktu pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024 masih menyisakan waktu kurang lebih 12 jam, dimana nantinya pendaftaran akan ditutup pada pukul 23.59 WIB.

“Sekarang sudah hari ketiga pendaftaran, apabila  nanti hanya satu calon yang mendaftar, kami akan memperpenjang masa pendaftaran selama tiga hari lagi, yaitu dari tanggal 30 Agustus-01 September 2024,” urainya.

Ia mengungkapkan, KPU Sumenep telah dihubungi oleh dua tim pasangan calon yang berencana akan mendaftarkan diri ke KPU hari ini, Kamis 29 Agustus 2024. Oleh karena itu, pihaknya akan tetap menunggu apabila ada pasangan calon lainnya yang akan mendaftar ke KPU.

“Memang masih ada kemungkinan, karena masih menyisakan satu partai yang jumlah kursinya ataupun jumlah 10 persen dari suara sah Pemilu 2024 sebagai syarat pencalonan memenuhi syarat, jadi masih kami tunggu,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment