Data Utama Madura Pendidikan Sumenep

Harbuknas, Wakil Ketua DPRD Sumenep Minta Pemerintah Gencarkan Program Literasi

Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi

SUMENEP, beritadata.id – Hari Buku Nasional (Harbuknas) merupakan momentum perayaan untuk memperingati pentingnya budaya membaca. Setiap tahunnya biasa diperingati pada tanggal 17 Mei.

Pada momentum peringatan Harbuknas tahun ini, Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi mengatakan, buku bisa disimpulkan sebagai pegangan hidup, dari buku dapat belajar dan mengenal aksara.

Bahkan, dari buku juga manusia bisa belajar sejarah, memahami beragam keilmuan tergantung buku apa yang dibaca sehingga dapat menjadi pribadi yang bijaksana.

“Dulu kita ingat masa kecil ketika kita baru pertamakali masuk sekolah yang membuat kita bahagia adalah seragam, selain seragam sebagai identitas kita telah menjadi siswa yang kedua adalah buku. Kita bermain tidak pernah ketinggalan buku sementara anak-anak hari ini pegang HP, bukunya ditinggal,” urainya, Selasa (17/05/22).

Menurutnya, rasa khawatir akan minimnya kegemaran membaca di era yang serba modern ini tentu ada, budaya membaca kian terkikis dengan banyaknya aplikasi hiburan di internet. Akibatnya tentu saja akan berdampak pada kualitas SDM.

Untuk itu pihaknya meminta, agar Pemerintah menggencarkan program literasi sehingga dapat mendorong minat baca masyarakat. Khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Kendati hari ini sudah menghadapi era digitalisasi, sarana membaca sudah banyak mengalami migrasi dari buku ke internet (e-book), tapi masih ada beberapa e-book yang berbayar, makanya butuh suatu program dari pemerintah, misal program mempermudah akses literasi,”

“Memanfaatkan HP sebagai sumber referensi bagi kekayaan berfikir. Selamat Hari Buku Nasional semoga Indonesia lebih pintar dan berdaya,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment