Data Utama Madura Politik Sumenep

Gelar Reses III di Kepulauan, Mathur Berjanji Sekolahkan Putra-putri Daerah Lewat Jalur Beasiswa

Mathur Kusairi saat gelar reses

SUMENEP, beritadata.id – Berbagai keluhan warga Kepulauan disampaikan kepada Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Mathur Husyairi saat menyerap aspirasi masyarakat Kabupaten Sumenep. Tepatnya di taman impian Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean, Minggu (31/10/21).

Keluh kesah masyarakat itu diantaranya adalah masalah infrastruktur jalan, pendidikan, administrasi kependudukan (adminduk), ketersediaan air bersih, hingga aliran listrik yang tidak merata. Bahkan juga terkait persoalan pelayanan esehatan.

Salah satu Kepala Desa (Kades) Pulau Kangean mengatakan, terbatasnya fasilitas kesehatan baik dari dokter spesialis hingga kendaraan darurat menjadi masalah utama bagi masyarakat Kangean yang hendak berobat.

Dimana, apabila ada pasien sakit yang cukup parah maka harus dibawa ke rumah sakit yang letaknya di wilayah Kota Sumenep. Ia menambahkan, perjalanan menuju kota Sumenep tersebut butuh waktu panjang.

“Ya harus nyebrang ke kota Sumenep, bahkan ada Warga disini yang sering melahirkan di atas kapal,” keluh kades Kalisangkah Pulau Kengean itu.

Pihaknya berharap, Mathur Kusairi sebagai anggota Dewan yang ada di Jatim, bisa memperjuangkan pemuda-pemudi asli Kangean untuk bisa bersekolah jurusan kedokteran.

Pasalnya, jika warga Kangean sendiri yang menjadi dokter spesialis, maka sepenuhnya akan berbakti dan bermanfaat bagi warga pulau Kangean.

“Tentu itu nantinya akan sangat bermanfaat bagi kita yang saat mengalami keterbatasan fasilitas kesehatan,” pintanya.

Merespons keluhan itu Mathur Husyairi berjanji, pihaknya akan membantu dan akan membahas persoalan tersebut pada rapat Komisi E yang bermitra dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur agar pemuda dan pemudi asal Pulau Kangean bisa kuliah dan menimba ilmu melalui jalur beasiswa.

“Kedepan kami akan mencoba komunikasi dengan rektor UNAIR, UB agar generasi di pulau Kangean bisa kuliah dan menjadi dokter spesialis,” tutup Mathur. (Zn)

Leave a Comment