Data Utama Hukum & Kriminal Madura Sampang

Gelar Pemeriksaan, Polres Sampang Pastikan Senpi dan Armada Siap Pakai

Didampingi anggota, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro saat melakukan pengecekan mobil

SAMPANG, beritadata.id – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro bersama Wakapolres Sampang dan PJU Polres Sampang melakukan pemeriksaan Senjata Api (Senpi) dan kendaraan dinas Polri milik Polres setempat.

Sejumlah unit mobil dinas serta sejumlah unit Sepeda Motor berbagai merk serta ratusan pucuk Senpi dinas, senpi genggam tak luput dari pemeriksaan.

Kegiatan pemeriksaan itu digelar di Lapangan Bhayangkara Polres Sampang, Selasa 24 Januari 2023. Dalam pemeriksaan kali ini, Kapolres menekankan pada disiplin dan kesiapan anggota.

Kapolres Sampang menyampaikan, pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan serta kelayakan senjata api dan kendaraan dinas milik Polri khususnya Polres Sampang agar dapat digunakan untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Aspek kelayakan kendaraan baik mobil dinas maupun sepeda motor dinas harus berfungsi maksimal untuk menunjang pelaksanaan tugas kepolisian,” jelasnya.

Dari hasil pengecekan di Lapangan Bhayangkara Polres Sampang ini secara umum seluruh kondisi senjata api dan Kendaraan Dinas Polri Polres Sampang masih bagus, walaupun ada beberapa kendaraan yang keluaran lama namun berkat perawatan rutin masih layak digunakan untuk menunjang tugas.

Anggota yang diizinkan untuk memakai senjata api dinas sudah teruji melalui berbagai macam tes, termasuk diantaranya tes psikologi, sehingga dapat dipastikan bahwa pemegang senpi dinas sudah dinyatakan lulus dan layak menggunakan senjata api untuk kepentingan dinas.

Hal yang sama disampaikan oleh Kasatlantas Polres Sampang AKP Tutud Yudho P. Dalam pemeriksaan berkala ini dilakukan secara rutin untuk mengetahui nantinya bilamana ada kendala atau kerusakan. Karena kendaraan – kendaraan itu digunakan dalam patroli guna menjaga Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) di wilayah hukum Polres Sampang nantinya

“Dengan adanya pengecekan ini dapat diketahui kondisi kelayakan kendaraan dinas dalam mendukung pelaksanaan tugas anggota di lapangan dan diketahui kendala atau kerusakannya, untuk itu pengecekan akan dilakukan secara rutin dan berkala. Pengecekan ini dilakukan, guna memastikan bahwa kendaraan dinas ini siap untuk digunakan di lapangan,” urainya.

Seli itu ia mengimbau, agar masyarakat selalu berhati hati dalam berkendara serta mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan hidup sehari-hari di masa sekarang ini. (ful)

Leave a Comment