Data Utama Madura Sumenep Technology

Gelar Konvoi Motor Listrik, Pemkab Sumenep Sukses Kampanyekan Kesehatan Lingkungan

Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran direksi PT PLN Persero saat konvoi motor listrik

SUMENEP, beritadata.id – Bekerjasama dengan PT PLN (Persero), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sukses menggelar kegiatan konvoi Motor listrik bertajuk e-Bike Festival 2023, Minggu 11 Juni 2023.

Kegiatan berlangsung di Jalan Kapten Tesna, Pajagalan, tepatnya di Taman Bunga Sumenep, tak ayal, acara itu mampu menyedot antusiasme masyarakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengajak para jajaran direksi PLN, termasuk Adi Priyanto, untuk berkeliling Sumenep dengan menggunakan kendaraan listrik bersama komunitas Sepeda Motor Gesit Kabupaten Sumenep.

“Konvoi sepeda listrik ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap lingkungan yang ramah dan aman dari polusi serta ekonomis,” katanya.

Bupati menjelaskan, dalam mengkampanyekan kesehatan lingkungan, Pemkab harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, salah satunya lewat penggunaan kendaraan listrik.

Dimana, hal itu diwujudkan dalam bentuk kebijakan, yakni Sumenep tercatat sebagai Kabupaten pertama yang mengalihkan kendaraan dinasnya dengan motor listrik dan menjadi wilayah pertama di Jawa Timur dengan jumlah pengguna kendaraan listrik terbanyak.

Karena itu, Fauzi berharap PT PLN (Persero) terus memberikan dukungan dengan mempercepat pembangunan kelistrikan di Kabupaten Sumenep, terutama wilayah kepulauan.

“Proses ini dilakukan bertahap. Karena setiap penyesuaian, transformasi, butuh proses sosialisasi dan keyakinan. Yang pasti, penggunaan kendaraan listrik ini mendorong efisiensi, efisiensi energi dan juga ramah lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Jawa Timur Adi Priyanto menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Menurut dia, berkat instruksi Achmad Fauzi, Sumenep menjadi daerah pertama yang menggunakan sepeda motor listrik sebagai kendaraan dinas. Bahkan, dalam catatannya, pengguna kendaraan listrik di Sumenep menjadi yang tertinggi di Jawa Timur.

“Penggunaan kendaraan listrik di Kabupaten Sumenep ini bisa menjadi contoh bagaimana pemerintahnya mampu beralih dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik, untuk itu PLN akan terus mendukung kelistrikan di Sumenep,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment